alexametrics

Google Wajibkan Perangkat Baru Jalankan Android 10 Usai Januari 2020

10 Oktober 2019, 16:36:27 WIB

JawaPos.com – Perangkat smartphone berbasis Android yang diluncurkan setelah bulan Januari 2020 nanti dipastikan bakal melenggang dengan sistem operasi (OS) Android 10. Google baru saja mengonfirmasi bahwa semua ponsel yang diluncurkan setelah 31 Januari 2020 harus memiliki OS terbaru itu.

Menurut XDA Developers, Google akan mengotorisasi penggunaan GMS (Google Mobile Services) hanya jika OEM telah menyediakan build berdasarkan Android 10 terbaru. Langkah yang dibuat oleh perusahaan Mountain View, California, Amerika Serikat (AS) itu adalah untuk memastikan semua produsen akan menyediakan perangkat lunak terbaru untuk pengguna mereka. Jadi, memasuki Februari 2020, Google hanya akan menyetujui perangkat baru yang menjalankan Android 10.

GMS sendiri merupakan rangkaian aplikasi, layanan, dan perpustakaan Google yang harus dilisensikan oleh perusahaan untuk dipasang sebelumnya pada perangkat Android. Layanan ini mengandung aplikasi seperti Google Play Store dan Google Play Services.

Agar disetujui untuk melakukan preload GMS, baik OEM atau ODM (pembuat smartphone) harus mengirimkan build perangkat lunak untuk masing-masing perangkat yang mereka buat ke Google untuk persetujuan.

Proses persetujuan melibatkan banyak pemenuhan persyaratan dalam Dokumen Definisi Kompatibilitas (CDD) dan dokumen Persyaratan GMS, dan juga lulus suite tes otomatis seperti Suite Tes Kompatibilitas (CTS), Suite Tes Vendor (VTS), dan Google Test Suite (GTS) . Ini adalah proses yang kompleks dan ada banyak persyaratan yang harus dipenuhi, jadi OEM atau ODM harus mengajukan persetujuan berminggu-minggu atau berbulan-bulan sebelumnya.

Editor : Banu Adikara

Reporter : Rian Alfianto



Close Ads