alexametrics

Apple Ikut Tren ‘Lipat-melipat’, tapi Buat iPad

8 Juli 2019, 10:55:41 WIB

JawaPos.com – Apple dikabarkan bakal ikut masuk dalam tren lipat-melipat perangkat. Alih-alih smartphone seperti yang dilakukan Huawei dan Samsung, Apple agaknya lebih memilih membuat tablet lipat.

Informasi soal Apple yang berencana membuat tablet dalam hal ini iPad yang bisa dilihat JawaPos.com kutip dari laman 9to5Mac, Senin (8/7). Sebuah laporan dari firma riset IHS Markit, melalui Economic Daily News, mengatakan bahwa Apple mengembangkan lipatannya sendiri. Seperti sudah disinggung di atas, bukan ponsel yang sedang dikembangkan Apple, tetapi iPad yang dapat dilipat.

Masih belum jelas apakah iPad lipat ini akan menjadi layar tunggal yang menekuk seperti prototipe ponsel Samsung dan Huawei, atau apakah itu akan lebih dekat dengan bentuk laptop layar ganda. Yang jelas, terdapat layar di setiap bagian case-nya yang mungkin sebagai pengganti keyboard fisik.

Produk ini tampaknya akan menampilkan layar seukuran MacBook yang tidak terlalu besar, mengingat iPad Pro sudah menempati urutan teratas dalam ukuran 12,9 inci. Hal ini akan menarik membayangkan bagaimana produk berukuran mini iPad tersebut bisa dibuka ke layar 13 atau 15 inci.

IPad lipat ini juga akan mendukung radio seluler 5G untuk penelusuran internet seluler yang cepat menurut analis. Tentu saja, laporan ini tidak konkret. Meskipun berasal dari analis rantai pasokan, tampaknya tidak ada bukti bahwa Apple sedang meningkatkan produksi komponen atau semacamnya pada tahap ini.

Produk Apple 5G lipat masih terdengar seperti mimpi dan realitanya mungkin terwujud bertahun-tahun lagi. Namun begitu, perjuangan Apple untuk mengamankan timeline 5G yang solid untuk lini iPhone-nya telah terdokumentasi dengan baik hingga saat ini. Iphone 5G pun diharapkan melenggang tidak lebih dari akhir tahun 2020.

IHS Markit sebelumnya menyatakan bahwa MacBook Pro 16 inci teranyar akan meluncur pada musim gugur mendatang. Perangkat dikabarkan melenggang dengan resolusi layar 3.072 × 1.920 pikset. Pada tahap ini, prediksi itu jauh lebih mungkin terwujud.

Sebagaimana diketahui, awal tahun ini hiruk-pikuk soal perangkat yang dapat dilipat memang sedang hangat. Khususnya smartphone. Samsung dan Huawei sudah mengemukakan hal tersebut dalam sebuah perangkat nyata. Meskipun produk yang sebenarnya belum hadir di rak-rak toko untuk kemudian dibeli konsumen.

Editor : Fadhil Al Birra

Reporter : Rian Alfianto