alexametrics

Samsung Kenalkan Fitur Baru Buat Pengguna Lindungi Data Pribadi Mereka

6 Agustus 2022, 19:35:42 WIB

JawaPos.com – Merestart ulang smartphone sebelum membawanya untuk diperbaiki ke pusat perbaikan, baik yang resmi ataupun tidak adalah prosedur normal, untuk menghindari kemungkinan informasi pribadi (seperti gambar atau akun) jatuh ke tangan yang salah. Meski untuk alasan keamanan, hal ini sering kali dirasa merepotkan.

Terkadang seseorang merasa tidak merasa perlu untuk menghapus perangkat sepenuhnya atau memberikannya untuk diperbaiki dengan data pribadi mereka. Padahal, hal ini sering kali mengakibatkan kebocoran data.

Nah, untuk menghilangkan masalah yang dirasa bikin repot ini serta masalah privasi dan keamanan, Samsung baru saja menghadirkan solusi yang disebut Mode Perbaikan atau Repair Mode. Fitur baru ini akan tersedia di bagian Battery and Device Care pada menu Settings.

Seperti namanya, mengaktifkan fitur ini akan mem-boot ulang perangkat pengguna Samsung secara otomatis. Mode ini akan menyembunyikan semua informasi pribadi setelah diaktifkan, termasuk gambar, teks, akun, dan bahkan aplikasi (hanya aplikasi bawaan yang diinstal yang akan aktif). Intinya, ponsel akan tampak telah direset.

Pengguna perangkat Samsung dapat menggunakan sidik jari atau kunci pola untuk mematikan Mode Perbaikan saat perbaikan selesai dan mereka dapat dengan praktis menggunakannya setelah diperbaiki. Ini akan me-restart telepon sekali lagi, tetapi kali ini, semua data pengguna akan dapat diakses sepenuhnya seperti sedia kala.

Semua modifikasi yang dilakukan oleh teknisi selama perbaikan juga akan dibatalkan. Seri Galaxy S21 akan mendapatkan Mode Perbaikan terlebih dahulu melalui pembaruan perangkat lunak.

Editor : Kuswandi

Reporter : Rian Alfianto

Saksikan video menarik berikut ini: