alexametrics

Tak Mau Kalah, Xiaomi juga Pamer Teknologi Kamera Bawah Layar Ponsel

5 Juni 2019, 15:14:30 WIB

JawaPos.com – Teknologi under display camera atau kamera di balik layar mulai banyak bermunculan. Tidak hanya Oppo yang memamerkan kamera di bawah layar, kini Xiaomi juga tak mau kalah pamer teknologi tersebut. yang tidak terlihat ketika kamera sedang tidak bekerja dan diposting di akun Twitter resminya.

Sebagaimana JawaPos.com kutip dari GSMArena, Selasa (4/6), Xiaomi tampaknya sedang mengerjakan teknologi under display camera. Pabrikan Tiongkok itu juga mem-posting teknologi yang sedang mereka garap itu di saluran media sosialnya. Xiaomi menyebut telah menemukan solusi untuk membuat kamera depan ‘menghilang’ yang kemungkinan akan mengakhiri tren takik dan pop-up kamera.

Xiaomi mengklaim telah mematenkan cara untuk membuat tampilan transparan tanpa memantulkan cahaya ketika layar benar-benar hitam dan dioda mati. Perusahaan mengatakan dapat menerapkan kamera selfie hingga 20 MP yang tepat dengan lensa 5P di bawah panel layar OLED. Panel OLED memang dikatakan membawa pengalaman menonton dan interaksi layar yang lebih baik daripada solusi panel LCD.

Sama seperti Oppo, kendati sudah saling pamer, perusahaan tidak mengungkapkan tanggal peluncuran smartphone dengan teknologi tersebut dan akan hadir dengan tipe apa. Namun, teknologi tersebut diharapkan akan hadir pada handset Mi Mix berikutnya yang terkenal dengan tampilan besar dan teknologi inovatif.

Honor Tak Mau Kalah

Masuk ke dalam persaingan vendor dalam mewujudkan teknologi under display camera, brand pecahan Huawei, Honor, juga ambil bagian. Honor mengaku tengah merancang solusi kamera balik layar. Inovasi tersebut guna menghadirkan smartphone dengan layar benar-benar penuh, tanpa memiliki notch atau takik.

Dikutip dari laman Gizmochina, Presiden Honor George Zhao menyebut bahwa mereka tengah mengembangkan teknologi kamera di bawah layar. Saat berbicara tentang inovasi dalam sebuah wawancara baru-baru ini, Zhao mengonfirmasi perkembangan teknologi kamera dalam layar masuk dalam langkah pentingnya dalam waktu dekat ini.

Presiden Honor George Zhao. (Gizmochina)

Honor telah mengembangkan perangkat prototipe yang menampilkan kamera di bawah layar meskipun saat ini sedang mengalami beberapa masalah. Pihaknya menyebut teknologi kamera di bawah layar tidak cukup matang untuk perangkat Honor yang akan hadir tidak lama lagi.

Namun, Zhao akan mempertimbangkan untuk menempatkan teknologi baru tersebut pada produk komersial yang relevan dalam waktu dekat. Menurut Zhao, tampilan layar berlubang akan menjadi bagian penting dari desain smartphone utama di masa depan. Berbagai perangkat seperti Samsung Galaxy S10 dan Honor 20 Pro sudah mengusung teknologi tersebut.

Honor adalah produsen smartphone pertama yang menggunakan desain kamera punch hole pada layar LCD. Beberapa produsen lain sudah mematenkan teknologi mereka sendiri. Samsung dan Xiaomi juga mengembangkan sendiri teknologi di bawah layar kamera mereka. Pabrikan berharap inovasi tersebut akan meningkatkan rasio layar-ke-tubuh pada smartphone.

Editor : Fadhil Al Birra

Reporter : Rian Alfianto



Close Ads