alexametrics

Kantongi TKDN, Samsung Galaxy M20 Siap Hajar Xiaomi di Indonesia

1 Februari 2019, 13:36:57 WIB

JawaPos.com – Samsung Galaxy M10 dan M20 terbaru yang hadir di India pekan lalu bersiap ‘terbang’ ke pasar selanjutnya. Diperkirakan, untuk line-up Galaxy M terbaru segera hadir di Indonesia dalam waktu dekat. Kehadiran smartphone M Series teranyar dari Samsung itu diyakini sebagai kesiapan ‘menghajar’ Xiaomi di Indonesia.

Informasi resmi soal kehadiran perangkat teranyar Samsung Galaxy M di tanah air memang belum ada. Samsung pun masih enggan bersuara soal peluncuran Galaxy M Series di tanah air. Namun, kemungkinan Galaxy M bakal rambah pasar Indonesia mengacu pada informasi Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) Kementerian Perindustrian (Kemenperin).

Pada laman daftar P3DN Kemenperin produk Samsung Galaxy M sudah mengantongi sertifikat Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN). Sertifikat untuk perangkat teranyar Galaxy M Series diajukan langsung oleh PT Samsung Electronics Indonesia dengan nomor sertifikat 51/ILMATE/TKDN/1/2019 tertanggal 23 Januari 2019.

Samsung Galaxy M20, Samsung Galaxy M20 indonesia, Samsung Galaxy M20 harga
Sertifikat TKDN Samsung Galaxy M20. (Screenshot/P3DNKemenperin)

Seperti bisa dilihat dalam gambar di atas, sertifikat menampilkan merek dan tipe Samsung SM-M205G sebagai jenis produk mobile phone dengan nilai TKDN 31,10 persen. Samsung SM-M205G sendiri diketahui sebagai nomor model dari Galaxy M20.

Biasanya, sertifikat tersebut menjadi pertanda bahwa peluncuran Samsung Galaxy M20 di Indonesia semakin dekat. Meski memang pihak Samsung Indonesia masih bungkam soal waktu peluncurannya. Belum diketahui juga apakah Galaxy M10 akan ikut masuk ke Indonesia atau hanya M20 saja.

Sementara itu, kehadiran Samsung Galaxy M Series di Indonesia tampaknya banyak diharapkan berbagai pihak. Samsung Galaxy M Series diyakini dapat menambah varian smartphone ultra low-end yang saat ini dikuasai oleh vendor-vendor asal Tiongkok semisal Xiaomi.

Menyoal Xiaomi, Samsung Galaxy M Series sendiri diyakini sebagai amunisi baru Samsung untuk menjungkal dominasi Xiaomi. Terlebih di beberapa pasar negara berkembang seperti India yang menjadi tempat peluncuran perdana Samsung Galaxy M10 dan M20. Samsung memang sudah kalah dari Xiaomi untuk porsi pengiriman smartphone middle-low di Negeri Gangga itu.

Adapun peluncuran dari Galaxy M10 dan M20 di India yang kemudian akan diikuti pasar lainnya termasuk Indonesia, hal tersebut bisa menjadi tanda keseriusan Samsung mempertahankan eksistensinya sebagai produsen smartphone yang juga masih memiliki pasar di segmen ekonomis.

Seperti kami beritakan sebelumnya, Samsung Galaxy M10 di India dibanderol mulai dari INR 7.990 atau setara dengan Rp 1,58 jutaan untuk varian RAM/ROM 2/16 GB, sedangkan model penyimpanan 3/32 GB dihargai dengan INR 8,990 atau setara dengan Rp 1,77 jutaan.

Sementara untuk Samsung Galaxy M20, varian tersebut dibanderol mulai harga INR 10.990 atau setara dengan Rp 2,1 jutaan untuk konfigurasi penyimpanan RAM/ROM 3/32 GB, sedangkan versi penyimpanan 4/64 GB akan dijual dengan harga INR 12.990 atau setara dengan Rp 2,57 jutaan.

Galaxy M10 dan Galaxy M20 juga hadir sebagai model eksklusif online dengan penjualan mereka dijadwalkan 5 Februari melalui Amazon.in dan Samsung India e-Store.

Editor : Fadhil Al Birra

Reporter : Rian Alfianto



Close Ads
Kantongi TKDN, Samsung Galaxy M20 Siap Hajar Xiaomi di Indonesia