alexametrics

5 Aplikasi yang Bikin Momen Lebaran Makin Seru, Banyak Ucapan Menarik

31 Mei 2019, 03:00:37 WIB

JawaPos.com – Lebaran sebentar lagi. Suasana mudik pun sudah mulai terasa. Banyak warga di berbagai kota di seluruh Indonesia mulai beranjak menuju kampung halamannya masing-masing. Selama perjalanan, para pemudik tentu berharap lancar tanpa kendala, juga menyenangkan.

Nah, sebagai pelengkap teman mudik, berikut JawaPos.com berikan deretan aplikasi menarik. Perangkat lunak ini tidak hanya memudahkan untuk mudik Lebaran, namun juga membuat lebaran kamu sekeluarga semakin fun alias menyenangkan.

Pasalnya, sejauh ini aplikasi yang sering digunakan masih sebatas aplikasi peta alias maps. Ini bahkan menjadi aplikasi default bawaan, baik pada smartphone atau GPS yang bisa dibeli di pasaran secara bebas. Berikut jajaran aplikasi yang membuat momen Lebaran kamu dan keluarga bisa tambah seru.

Aplikasi Ucapan Lebaran

Pertama, aplikasi yang tak boleh kamu lewatkan untuk menambah semarak momen lebaran kamu adalah aplikasi ucapan lebaran. Ya, ucapan lebaran kini ada aplikasinya. Tanpa mengurangi esensi silaturahmi dan permintaan maaf tulus dari hati, aplikasi ucapan lebaran masa kini boleh kamu gunakan sebagai penyambung lidah di momen yang fitri kepada rekan kerja maupun famili nun jauh di sana.

Ucapan Lebaran menarik dengan aplikasi ucapan Lebaran. (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Untuk aplikasi ucapan Lebaran sendiri ada banyak jenisnya. Kamu pengguna smartphone atau tablet berbasis Android ataupun iOS bisa dengan mudah mendapatkannya di toko aplikasi. Kebanyakan gratis dan mudah digunakan. Sebagai contoh, di Android, kamu tinggal menuliskan keyword ‘Ucapan Lebaran 2019’ di pencarian Google Play Store, kemudian kamu akan mendapatkan banyak pilihan.

Penggunaan aplikasinya pun mudah-mudah. Kami sudah jajal. Pengguna sudah disediakan beragam pilihan kata-kata yang mewakili perasaan dan permohonan maaf di hari yang fitri. Pantun-pantun jenaka seputar Lebaran juga ada. Jika sudah, kata-kata tadi bisa kamu salin atau simpan sebagai gambar yang siap dibagikan ke media sosial (medsos) kamu. Mudah, bukan?

Aplikasi Edit Foto dan Video

Aplikasi kedua yang tak boleh ketinggalan adalah aplikasi editing foto dan video. Ya, dua aplikasi tersebut mampu membuat momen Lebaran menjadi kian semarak dengan hasil foto dan video yang ciamik. Gambar yang kamu tangkap kemudian kamu bagikan di medsos atau disimpan sebagai kenangan tak akan terlihat biasa saja.

Aplikasi edit foto dan video beragam tersedia di toko aplikasi, Android dan iOS. Kamu tinggal pilih mana yang kamu suka. Rekomendasi kami, untuk aplikasi editing video yang ringan, mudah dioperasikan dengan hasil yang lumayan, antara lain, Quik dari Go Pro, Filmora Go, Kine Master, Premiere Clip dari Adobe, serta memanfaatkan filter lucu kekinian dari Snapchat atau Instagram yang akan membuat hasil video kamu makin menarik.

Tak hanya video, aplikasi editing foto juga wajib ada di smartphone kamu. Editing atau sedikit memberikan sentuhan komputer untuk membuat gambar menjadi semakin keren tentu tak salah, asal tak berlebihan. Untuk aplikasi editing foto, berikut rekomendasi kami, Snapseed, VSCO, Adobe Lightroom, Afterlight dan Perfect365. Semua bisa kamu dapatkan di toko aplikasi Android dan iOS dengan gratis.

Aplikasi Hiburan

Selanjutnya, yang penting untuk hadir di perangkat smartphone atau tablet kamu adalah aplikasi hiburan. Hiburan di sini berupa konten tayangan dan musik yang bisa kamu nikmati selama perjalanan hingga tiba di tujuan. Secara default, aplikasi YouTube bisa menjadi pilihan kamu untuk mengusir jenuh atau sekadar menikmati tayangan bersama keluarga. Namun bila kamu menginginkan aplikasi lain, tersedia banyak pilihan yang bisa kamu tunjuk.

Di toko aplikasi sendiri tersedia banyak pilihan aplikasi hiburan selain YouTube. Untuk tayangan video on demand sendiri ada Netflix, iFlix, dan Hooq. Sementara untuk musik, kamu bisa menjatuhkan pilihan ke Joox, Spotify, Google Play Music, dan Apple Music.

Aplikasi Kesehatan

Selain deretan aplikasi yang sudah kami sebutkan di atas, yang satu ini tidak kalah penting. Guna memastikan momen lebaran kamu tetap sehat dan tak jatuh sakit, yakni dengan menyiapkan aplikasi kesehatan. Ya, semakin dekat dengan Lebaran hingga beberapa hari setelahnya akan kerepotan jika kamu sakit dan mencari pelayanan medis semisal rumah sakit dan dokter yang ditinggal mudik pekerjanya.

Namun jangan khawatir, saat ini zamannya online. Pun dengan layanan kesehatan. Jika tubuh tak lagi bersahabat kemudian tumbang, aplikasi kesehatan bisa kamu manfaatkan. Beberapa aplikasi populer tersedia di toko aplikasi. Tak sedikit pula yang terafiliasi dengan layanan kesehatan pemerintah dan rumah sakit dengan dokter yang profesional. Namun berdasarkan pengalaman kami, aplikasi Alodoc dan Gomed dari Go-Med dari Gojek bisa kamu gunakan. Mudah, tinggal tulis keluhan kamu, apa yang kamu rasakan dan obat yang sesuai akan secepat kilat tiba di rumah kamu.

Aplikasi Makanan

Terakhir, yang juga penting adalah aplikasi makanan. Bosan dengan sajian khas Lebaran seperti opor ayam, rendang, sambel goreng kentang, dan sajian khas lainnya? Atau memang terbersit ingin santapan lain namun malas keluar rumah? Lagi-lagi aplikasi di smartphone kamu bisa membantu. Beberapa aplikasi makanan bisa membantu kamu menemukan panganan menarik yang ingin kamu santap.

Beberapa aplikasi makanan yang bisa kamu gunakan untuk menemukan kuliner yang kamu cari, antara lain, Traveloka dengan fitur Eats, Zomato, Gojek dengan fitur Go-Food, Grab dengan fitur Grab Food, dan masih banyak lagi.

Demikian info aplikasi yang dapat JawaPos.com berikan dalam memeriahkan momen lebaran kamu. Jaga kesehatan, dan tetap semangat. Pastinya JawaPos.com akan hadir kembali dengan tips-tips teknologi seputar mudik dan liburan kamu.

Editor : Fadhil Al Birra

Reporter : Rian Alfianto

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads