alexametrics

Kendaraan Ingin Pakai BBM Subsidi, Ini Cara Mudah Daftar MyPertamina

29 Juni 2022, 13:54:57 WIB

JawaPos.com – Aturan baru, sebentar lagi masyarakat akan diwajibkan untuk mendaftar jika kendaraannya ingin menggunakan Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi jenis Pertalite dan Solar. Mendaftarnya melalui MyPertamina di laman subsiditepat.mypertamina.id

Kebijakan ini akan dimulai pada tanggal 1 Juli 2022 mendatang. Di laman Subsidi Tepat MyPertamina, aturan ini di tahap awal akan berlaku di sejumlah Kota / Kabupaten di lima Provinsi di Indonesia meliputi:
– Kota Bukit Tinggi
– Kabupaten Agam
– Kota Padang Panjang
– Kabupaten Tanah Datar
– Kota Banjarmasin
– Kota Bandung
– Kota Tasikmalaya
– Kabupaten Ciamis
– Kota Manado
– Kota Yogyakarta
– Kota Sukabumi

Dengan implementasi aturan ini, diharapkan BBM bersubsidi dapat tepat sasaran dan diterima oleh hanya mereka yang berhak.

Masyarakat tidak perlu khawatir apabila belum mengunduh aplikasi MyPertamina. Pasalnya, seluruh pendaftaran dilakukan semua di laman MyPertamina. Cara daftarnya pun cukup mudah dan bisa dilakukan sendiri, hanya butuh tujuh langkah saja sebagai berikut:

– Pertama, masyarakat perlu menyiapkan dokumen yang dibutuhkan seperti KTP, STNK, foto kendaraan, dan dokumen pendukung lain sebelum mendaftar.
– Kedua, buka situs Subsidi Tepat MyPertamina.
– Ketiga, pastikan kamu untuk mencentang pernyataan pemahaman informasi dengan cara klik kotak persetujuan kecil di sebelah kiri sebelum memastikan masuk.
– Setelah itu, klik ‘Daftar Sekarang’ untuk membuat akun.
– Kalau sudah, ikuti petunjuk dalam website dan isi data sesuai dokumen.
– Lanjut, jika sudah rampung, masyarakat tinggal menunggu proses pencocokan data maksimal 7 hari kerja yang nantinya pengumumannya akan dikirimkan melalui email yang dimasukkan.
– Kalau sudah terkonfirmasi, masyarakat akan mendapat kode batang atau QR Code dari website guna melakukan transaksi di SPBU. Download dan simpan baik-baik QR Code ini.

Ilustrasi: Cara mendaftar MyPertamina di laman resmi Subsidi Tepat MyPertamina. (RianAlfianto/JawaPos.com).

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : Rian Alfianto

Saksikan video menarik berikut ini: