alexametrics

Bantu Lacak Riwayat Cuitan, Twitter Siapkan Fitur Baru

25 April 2022, 18:40:04 WIB

JawaPos.com – Twitter mengumumkan fitur edit tweet beberapa waktu lalu. Kini, baru lagi, fitur terkini Twitter kabarnya tengah dipersiapkan dan menjadi pelengkap opsi edit tweet yang baru saja diperkenalkan.

Pasalnya, jika fitur edit tweet diluncurkan, Twitter tampaknya akan menyimpan riwayat edit cuitan tersebut agar jejaknya tidak hilang begitu saja. Hal itu disampaikan oleh peneliti aplikasi Jane Manchun Wong.

Dalam cuitannya, Manchun Wong mengatakan fitur edit tweet akan memiliki fungsi yang ‘immutable‘. Artinya Twitter akan menciptakan cuitan baru setelah cuitan itu diedit, tapi cuitan versi sebelumnya tetap disimpan.

Dikutip dari The Verge, Manchun Wong menjelaskan bahwa alih-alih mengubah teks Tweet dalam Tweet yang sama dari ID yang sama, fungsi ini bisa membuat ulang Tweet baru dengan konten yang diubah, bersama dengan daftar Tweet lama sebelum diedit.

Namun demikian, seperti yang ditemukan Manchun Wong, masih belum tersedia informasi terkait riwayat edit tweet akan muncul pada halaman pengguna. Namun, jika Twitter memutuskan untuk menjadikan riwayat tweet untuk go public, hal ini akan menjadi cara untuk menjawab kekhawatiran terkait penyalahgunaan potensial pada fitur edit tweet tadi.

Sebab sejumlah kritikus menilai bahwa fitur edit tweet ini akan dapat digunakan untuk mengubah catatan publik dan menyesatkan pengguna. Peneliti aplikasi Alessandro Paluzzi juga mengunggah tweet menampilkan screenshot yang diduga merupakan fitur baru tersebut.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Rian Alfianto

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads