Kurangi Kecanduan, TikTok Bakal Ingatkan Jam Tidur Pengguna

24 Januari 2023, 16:02:59 WIB

JawaPos.com – Bukan rahasia lagi kalau media sosial (medsos) bisa menyebabkan kecanduan. Hal ini juga didukung berbagai jurnal dan penelitian medis yang mengemukakan bahwa candu medsos bahkan sudah termasuk ke dalam gangguan kesehatan yang membutuhkan penanganan khusus.

Banyak sebab orang kecanduan medsos, termasuk juga di aplikasi yang sedang tren saat ini, TikTok. Popularitas dan tren yang sedang naik daun membuat banyak orang menggandrungi aplikasi ini. Untuk berbagai tujuan, dari cari uang sampai sekadar senang-senang hingga larut malam.

Sadar akan bahaya yang ditimbulkan jika digunakan secara terus menerus, TikTok bakal memperkenalkan fitur baru. Adapun fitur baru yang bakal dirilis adalah pengingat waktu tidur. Fitur ini memberikan notifikasi kepada pengguna jika mereka sudah terlalu lama menggunakan TikTok dan perlu tidur.

TikTok mengonfirmasi ke TechCrunch pekan lalu bahwa pengingat tidur sedang diuji dengan pengguna tertentu secara global. Tangkapan layar yang dibagikan oleh perusahaan intelijen produk Watchful.ai menunjukkan bahwa fitur baru muncul di bawah pengaturan waktu layar di aplikasi.

Pengguna yang menjadi bagian dari pengujian akan melihat opsi pengingat tidur. TikTok mengatakan pengingat tidur akan membantu pengguna mencapai waktu tidur kapan pun pengguna mau.

Setelah memilih waktu tidur, pengguna akan diingatkan untuk menutup aplikasi saat jam mencapai waktu tersebut. TikTok juga akan mematikan notifikasi selama tujuh jam setelah waktu tidur pengguna untuk membantu pengguna menghindari gangguan.

Seorang juru bicara perusahaan mengatakan TikTok terus berupaya mencari cara baru untuk mendukung kesejahteraan pengguna dan alat baru ini dibangun di atas fitur kesejahteraan digitalnya saat ini. Aplikasi ini pertama kali meluncurkan alat manajemen waktu layar pada Februari 2020 dan sejak itu memperkenalkan fitur tambahan yang bertujuan memberi pengguna lebih banyak kontrol atas penggunaan aplikasi mereka.

Juni lalu, perusahaan meluncurkan alat dalam aplikasi untuk membantu pengguna mengontrol berapa banyak waktu yang dihabiskan di TikTok dalam sekali duduk dengan memungkinkan mereka menjadwalkan jeda waktu layar reguler.

Secara default, fitur ini menyarankan pengingat istirahat baik 10, 20 atau 30 menit. Meski pengguna dapat mengatur pengingat untuk waktu khusus jika mereka ingin terlibat dalam sesi yang lebih lama atau lebih pendek sebelum ditampilkan pemberitahuan.

Aplikasi ini juga membatasi notifikasi malam hari untuk akun remaja. Pengguna berusia 13-15 tahun tidak menerima notifikasi push dari jam 9 malam. dan pengguna berusia 16-17 telah menonaktifkan notifikasi push mulai pukul 10 malam.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Rian Alfianto

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads