Telegram Rilis Pembaruan Besar, ini Dia Fitur-fitur Barunya

23 September 2022, 05:49:51 WIB

JawaPos.com – Telegram resmi mengumumkan pembaruan besar baru kepada pengguna mereka. Lewat update kali ini, ada beberapa fitur yang berkaitan dengan reaksi terhadap pesan obrolan, status emoji, dan peningkatan User Interface atau UI masing-masing untuk sistem operasi iOS dan Android.

Dimulai dengan reaksi, pengguna Premium sekarang memiliki “pilihan reaksi tak terbatas”. Mereka dapat bereaksi terhadap pesan individual dengan maksimal tiga emoji animasi.

Telegram meluncurkan Emoji Platform bulan lalu, yang memungkinkan siapa saja mengunggah emoji animasi kustom mereka sendiri. Panel emoji juga diperluas sekarang untuk mengakomodasi lebih banyak emoji dan paket emoji.

Untuk pengguna yang tidak memiliki Premium, jangan khawatir. Pasalnya Telegram juga menambahkan lebih banyak reaksi ditambahkan ke pilihan satu baris.

Selain itu, Status Emoji sekarang tersedia untuk pengguna Premium, dengan kemampuan untuk mengatur emoji, stok, atau kustom apapun, sebagai status profil. Status Emoji juga dapat diatur kedaluwarsa setelah jangka waktu tertentu. Untuk mengatur Status Emoji, ketuk dan tahan lencana Premium di profil Anda.

Lanjut, setiap pengguna juga sekarang memiliki tautan nama pengguna mereka sendiri dalam format baru: namapengguna.t.me. Format tautan baru ini juga berlaku untuk grup dan saluran Telegram.

Spesifik untuk pengguna Android, sekarang Anda dapat mengelola prioritas unduhan saat berlangsung di perangkat Android. Anda sekarang dapat menekan-tahan unduhan aktif dan menyusun ulang (iOS sudah memiliki fitur ini sebelumnya).

Selain itu, ada juga beberapa animasi UI Android baru untuk membuka dan menutup foto atau video di Instagram. Sementara itu, ikon aplikasi Telegram sekarang kompatibel dengan mesin tema Android 13.

Sementara aplikasi Telegram untuk iOS kini mendapatkan halaman penyiapan bergelembung dengan ikon animasi baru dan kedua platform sekarang memiliki opsi untuk Masuk dengan Apple atau Masuk dengan Google.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Rian Alfianto

Saksikan video menarik berikut ini: