alexametrics

Fitur-fitur Telegram Ini Bisa Kembangkan Bisnis Online

20 November 2021, 13:31:03 WIB

JawaPos.com – Situasi pandemi Covid-19 yang semakin membaik di Indonesia dapat menjadi sebuah momentum yang baik bagi para pelaku usaha untuk mulai kembali mendorong performa bisnisnya. Misalnya, dengan mengembangkan strategi digital marketing di media sosial, belajar mengelola keuangan bisnis menggunakan berbagai platform E-Payment, atau mengeksplorasi peluang untuk mengembangkan bisnis lewat platform layanan pengirim pesan instan yang ada, salah satunya Telegram.

Berbeda dari platform layanan pengirim pesan instan lainnya, lewat berbagai fitur uniknya, Telegram juga bisa dimanfaatkan untuk semakin mengembangkan bisnis online. Berikut empat fitur Telegram yang bisa dimanfaatkan buat pengembangan bisnis online.

Pertama, dapatkan tips dan edukasi seputar berbisnis dari channel Telegram.
Di Telegram, kamu bisa menemukan berbagai channel yang membahas seputar bisnis, seperti marketing, sales, dan masih banyak lagi. Bahkan, ada berbagai influencer bisnis yang aktif memberikan tips berbisnis lewat channel Telegram mereka masing-masing.

Kedua, gunakan bot untuk bantu jawab pertanyaan dari customer. Sebagai pemilik bisnis online, mungkin kamu sering mendapatkan sejumlah pertanyaan serupa dari berbagai customer atau calon customer terkait dengan barang atau jasa yang dijual. Selain itu, mungkin juga sesekali kamu harus menghadapi komplain dari customer, padahal pesanan yang harus kamu persiapkan sedang menumpuk, misalnya.

Dalam situasi seperti ini, tentu butuh bantuan lebih untuk dapat memberikan layanan terbaik bagi customer-mu, baik itu berupa menjawab pertanyaan maupun menghadapi komplain dari customer. Di Telegram, bisa membuat bot otomatis sebagai fitur customer support dari bisnismu. Misalnya, bisa membuat chatbot untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang sering ditanyakan.

Namun, untuk mengaktifkan fitur ini, perlu memiliki sedikit kemampuan coding atau bisa juga bekerja sama dengan pihak ketiga yang memberikan layanan pembuatan chatbot untuk bisnis.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Rian Alfianto

Saksikan video menarik berikut ini: