alexametrics

Dengan Aplikasi Ini Online Transfer Bisa Dilakukan 24 Jam

18 Juni 2021, 20:45:02 WIB

JawaPos.com – Sistem online transfer 24 jam secara realtime mulai diujicobakan implementasinya pada Oktober 2021. Setiap perbankan peserta diminta menyiapkan infrastruktur pendukung yang dibutuhkan.

Implementasi online transfer tersebut bernama BI-FAST. BI-FAST merupakan bagian dari penerapan blueprint sistem pembayaran Indonesia 2025 untuk menyediakan infrastruktur sistem pembayaran ritel yang lebih cepat, mudah, ekonomis, serta dapat dilakukan secara real-time dan 24/7.

BI-FAST disediakan oleh PT Murni Solusindo Nusantara (PT Murni), perusahaan penyedia berbagai sistem pembayaran nasional termasuk SKNBI (Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia).

CEO PT Murni Christian Liadinata mengatakan, dengan adanya BI-FAST, nasabah juga dapat melakukan online transfer hanya dengan informasi nomor handphone atau alamat e-mail penerima. Di samping itu tetap membutuhkan informasi nomor rekening seperti sistem yang berlaku saat ini.

Christian Liadinata berharap BI-FAST dapat menjangkau dan digunakan oleh masyarakat seluas-luasnya melalui pemerataan kualitas layanan online transfer. “Sehingga, memberi manfaat yang sangat besar bagi pemerintah, masyarakat, perbankan, perusahaan fintech, perusahaan penyedia pembayaran digital, dan ekosistem ekonomi keuangan digital di Indonesia,” ujar Christian Liadinata kepada wartawan, Jumat (18/6).

PT Murni Solusindo Nusantara (PT Murni) merupakan perusahaan berbasis teknologi informasi & komunikasi (ICT) dan bersertifikasi ISO 9001:2015 yang telah dipercaya oleh Bank Indonesia sejak 1990 hingga saat ini. PT Murni adalah penyedia berbagai sistem pembayaran nasional termasuk SKNBI (Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia). PT Murni mendukung perbankan dan lembaga keuangan non-Bank dalam implementasi BI-FAST.

Christian Liadinata menerangkan, BI-FAST akan diimplementasikan pada 2021. Bank sebagai peserta utama wajib mempersiapkan solusi dan infrastruktur pendukung yang dibutuhkan secepatnya, karena uji coba mulai dijalankan pada Oktober 2021.

Baca juga: BI Tegaskan Kripto Bukan Alat Pembayaran Sah, Sri Mulyani Bawa ke G20

Dalam mendukung BI-FAST, PT Murni memperkenalkan SMARTGATEWAY™, sebuah aplikasi penghubung antara sistem Bank Indonesia dengan sistem yang dimiliki masing-masing peserta. Aplikasi itu dikembangkan sebagai solusi yang fleksibel dan adaptif.

“Penggunaan SMARTGATEWAY™ memastikan implementasi BI-FAST yang lebih cepat, mudah, dan cost-effective dengan tidak diperlukannya modifikasi atau modifikasi yang seminimal mungkin dari sisi peserta,” imbuhnya.

Editor : Ilham Safutra




Close Ads