alexametrics

Fitur Baru WhatsApp, Transfer Chat dari Android ke Iphone Makin Mudah

16 Juni 2022, 18:31:33 WIB

JawaPos.com – WhatsApp dilaporkan tengah melakukan uji coba fitur baru. Fitur baru tersebut adalah transfer riwayat percakapan dari smartphone Android ke iPhone.

Seperti biasa, pengujian fitur beta ini menjadi isyarat bagi pengguna bahwa tidak lama lagi fitur tersebut akan tersedia pada aplikasi WhatsApp. Meski terlihat sederhana, proses transfer data obrolan dari dua sistem operasi ponsel yang berbeda secara historis sulit untuk dilakukan.

Pasalnya, sistem operasi seperti iOS dan Android mempunyai cara kerja yang berlainan. Umumnya, proses memindahkan data lebih mudah untuk dilakukan ketika kedua ponsel menggunakan sistem operasi yang sama.

Perpindahan chat ini bisa dilakukan lewat sebuah aplikasi buatan Apple bernama Move to iOS. Aplikasi Move to iOS ini bisa diunduh langsung dari Google Play Store.

Dikutip dari 9to5Mac, fungsi dari Move to iOS ini memungkinkan pengguna untuk memindahkan data seperti kontak, kalender, SMS, hingga foto dari Android ke iPhone. Kini dengan aplikasi Move to iOS, pengguna juga bisa mengirim data chat dari Android ke iPhone dengan lebih mudah.

Sebelumnya, kehadiran fitur ini diumumkan oleh CEO Meta Mark Zuckerberg melalui unggahan di Facebooknya. Menurut Mark, fitur ini memang menjadi yang paling banyak diminta oleh pengguna.

“Kami menambahkan kemampuan beralih antar ponsel dengan aman dan mentransfer riwayat chat, foto, video, dan pesan suara antara Android dan iPhone sambil mempertahankan enkripsi end-to-end,” tulis Mark seperti dikutip dari unggahan di Facebook-nya.

Untuk saat ini, fitur ini memang masih tersedia untuk aplikasi WhatsApp versi beta. Namun fitur ini kemungkinan akan digulirkan secara bertahap untuk seluruh pengguna dalam beberapa minggu ke depan.

Seperti sudah disinggung di atas, proses transfer data ini hanya berlaku pada iPhone baru atau yang sudah disetel ke pengaturan pabrikan. Selain itu, pengguna juga memerlukan aplikasi Move to iOS yang ada di Android untuk memindahkan data ke iPhone.

Jadi, saat melakukan pengaturan iPhone untuk pertama kali, pengguna perlu memilih opsi ‘Move data from Android’, lalu melakukan pemindahan seluruh data yang ada di perangkat lama.

Setelah semua langkahnya diikuti dan iPhone selesai disetel, pengguna tinggal membuka WhatsApp dan masuk menggunakan nomor telepon yang sudah didaftarkan. Kemudian, riwayat percakapan yang perangkat Android akan muncul di WhatsApp versi iOS.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Rian Alfianto

Saksikan video menarik berikut ini: