alexametrics

Indonesia Disebut Pemakai Aplikasi E-Commerce Terbesar Ketiga di Dunia

14 Oktober 2021, 15:02:03 WIB

JawaPos.com – Seiring dengan semakin meningkatnya tren belanja online, pengguna aplikasi E-Commerce di Indonesia dilaporkan menjadi yang terbesar ketiga di dunia. Laporan ini merujuk pada hasil riset AppsFlyer, perusahaan atribusi global yang merilis Laporan State of eCommerce App Marketing 2021.

Laporan tersebut menyoroti pertumbuhan konsumen di Indonesia yang membelanjakan uang lewat aplikasi E-Commerce mobile, terutama pada masa liburan. Instal aplikasi kategori belanja tercatat meningkat signifikan sebesar 70 persen selama periode Januari 2020-Juli 2021, menjadikan Indonesia sebagai pasar aplikasi E-Commerce Android terbesar ketiga di dunia dengan kontribusi 8 persen dari total install E-Commerce global.

Dalam laporannya, dikatakan bahwa Indonesia hanya tertinggal dari peringkat pertama Brasil (19 persen total instal E-Commerce) dan peringkat kedua India (17 persen total instal E-Commerce) untuk pasar E-Commerce Android. Sementara itu, Amerika Serikat, Brasil dan Rusia disebut merupakan tiga besar untuk pasar E-Commerce perangkat iOS.

Laporan State of E-Commerce App Marketing 2021 rilisan AppsFlyer menghimpun data dari 1,7 miliar instalasi aplikasi E-Commerce di Asia Pasifik, dari 920 aplikasi dan 9 miliar konversi upaya remarketing pada Januari hingga Juli 2021.

Pandemi Covid-19 juga disebut telah mengubah perilaku masyarakat dan memaksa konsumen mengadopsi cara berbelanja baru, sehingga marketer E-Commerce juga harus ikut beradaptasi, terutama semasa periode liburan.

Menurut laporan tersebut, konsumen di Indonesia merespon kampanye iklan pada masa liburan secara positif, dengan angka install non-organik (NOI/Non-organic Install) terbesar yang terlihat pada bulan Mei 2020 (Ramadan) serta Desember 2020 (Natal dan Tahun Baru).

Editor : Edy Pramana

Reporter : Rian Alfianto

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads