alexametrics

Android Q Masuk Beta Dua, Intip 5 Bocoran Fitur yang Makin Keren

9 April 2019, 16:34:27 WIB

JawaPos.com – Penetrasi sistem operasi (OS) Android Pie memang belum menyeluruh. Sejumlah perangkat smartphone terbaru bahkan masih banyak yang datang dengan OS lebih lawas dan dijadwalkan baru menerima update OS Android Pie dalam beberapa bulan mendatang.

Kendati begitu, Google selaku si empunya OS malahan sudah menjajal OS terbaru Android Q. Belum jelas apa namanya di balik awalan huruf ‘Q’. Yang jelas, penamaan OS tersebut tak jauh-jauh dari nama dessert, cemilan atau kudapan penutup dengan cita rasa manis seperti pendahulunya.

Meki demikian, bocoran terkait fitur-fitur pada OS Android Q sudah banyak beredar. Sebagaimana JawaPos.com lansir dari laman AndroidAuthority, Selasa (9/4), bocoran tersebut terkait dengan pengujian beta OS tersebut oleh pengembang dan masih akan diperlukan banyak improvisasi hingga OS tersebut sempurna.

Dalam bocoran yang beredar, tampak fitur-fitur terbaru di Android Q memang terlihat semakin keren jika dibandingkan dengan OS terdahulu. User experience di OS Android Q juga walaupun masih dalam tahap pengujian tampak sangat mengedepankan pengalaman pengguna yang semakin dimudahkan. Berikut jajaran bocoran fitur Android Q yang kami rangkum untuk Sobat Tekno JawaPos.com.

Pengaturan Volume Lebih Baik

Fitur baru Android Q beta 2, pengaturan volume. AndroidAuthority

Pada Android Pie, menekan tombol volume akan menyesuaikan suara dari apa pun yang sedang aktif di ponsel pengguna. Aspek ini tetap sama pada Android Q beta 2, hanya saja Google memberi kemudahan untuk menyesuaikan item lain di ponsel menjadi lebih baik.

Sebagai contoh, pada Android Pie, ketika menekan tombol penyesuaian volume, maka pengguna akan dibawa ke menu pengaturan perangkat saja. Misalnya mengatur volume ketika kamu sedang membuka YouTube. Maka, tampilan yang muncul dan diatur hanya volume untuk YouTube saja.

Namun pada Android Q beta, seperti bisa dilihat dari foto, seluruh pengaturan volume akan dimuat di layar. Perubahan ini lebih ramah pengguna dan tidak membawa pengguna keluar dari apa pun yang sedang dilakukan.

Mendukung Mikrofon Terarah dan Fitur Zooming

Android Q beta kedua ini menghadirkan tambahan audio yang patut diperhatikan dengan mendukung fungsi directivity mikrofon melalui Aplication Programing Interface (API) baru. Fitur ini memungkinkan aplikasi menentukan arah fokus untuk mikrofon, seperti mikrofon yang menghadap ke depan saat merekam video selfie atau mikrofon belakang saat merekam pertunjukan langsung.

API juga memungkinkan dukungan untuk pembesaran atau zooming audio. Fungsi ini memungkinkan pengguna untuk memfokuskan mikrofon pada subjek atau rentang tertentu, seperti satu orang di lingkungan yang bising. Dengan kata lain, API ini bisa sangat berguna untuk vloggers dan jurnalis. Sebagai jurnalis, kami senang dengan fitur ini jika sudah meluncur nanti.

Screenshot Tanpa Notch dan Gesture ala iOS

Fitur baru Android Q beta 2, screenshot tanpa notch. AndroidAuthority

Salah satu perubahan paling kontroversial yang ditemukan dalam Android Q beta pertama adalah kenyataan bahwa kurva layar dan takik layar masih dimasukkan dalam tangkapan layar atau screenshot. Namun keputusan ini kemudian dibatalkan dengan beta kedua. Dengan kata lain, pada Android Q yang akan dirilis nanti, jika melakukan screenshot, kemungkinan kamu tidak akan mendapati lagi hasil dengan notch atau takik yang tampil.

Sementara untuk gesture control, dikabarkan bahwa banyak orang kurang menyukai kontrol gesture di Android Pie. Untuk memperbaikinya, sepertinya raksasa pencarian itu bekerja keras dengan melihat gesture control milik kompetitor mereka, Apple dengan iOS-nya.

Seperti yang dapat dilihat dari gambar di atas, pada Android Q pengguna sekarang dapat menggeser ke kiri atau kanan pada tombol Beranda untuk berpindah antaraplikasi. Gerakan demikian jelas mengingatkan pada kontrol gerakan yang ditemukan pada iPhone modern dan iPad Pro terbaru denganOS iOS milik Apple.

Fitur baru Android Q beta 2, gesture control ala iOS. AndroidAuthority

Android Q juga kini disediakan bilah progres pemutaran media dalam notifikasi. Sebagaimana diketahui, Android selalu menjadikan pusat notifikasi sebagai bagian penting dari penggunaan OS. Dengan Android Q beta kedua, pengguna kini memiliki peningkatan widget pemutaran media untuk menampilkan bilah progres di samping kontrol pemutaran media.

Pada Android Q beta pertama, Google memperkenalkan cara baru untuk menghapus notifikasi. OS membuat notifikasi akan hilang ketika digesek ke kanan dan akan menampilkan menu ketika digesek ke kiri.

Google memberi pengguna kendali atas cara mana yang diinginkan untuk menghapus pemberitahuan. Seperti yang dapat dilihat dari foto di atas, pengguna sekarang dapat memutuskan apakah mereka ingin mengabaikan pemberitahuan dengan swipe ke sebelah kiri atau kanan. Untuk mengubah cara kerja swipe pemberitahuan, cukup buka Settings > Apps dan notifications > Notifications > Advanced > Swipe actions.

Ikon Baterai di Always On Display dan Estimasi Daya

Fitur baru Android Q beta 2, estimasi penggunaan baterai. AndroidAuthority

Fitur selanjutnya yang tak kalah menarik di Android Q adalah Google telah memindahkan ikon baterai dari posisi tengah-bawah ke sudut kanan atas saat mode always on display. Tidak hanya itu, Android Q sekarang juga akan menunjukkan kepada pengguna berapa lama baterai diperkirakan akan bertahan.

Berbagi Wifi dengan QR Code dan Tombol Emergency Baru

Fitur baru Android Q beta 2 – berbagi wifi dengan QR Code. AndroidAuthority

Terakhir, fitur menarik pada Android Q yang akan datang adalah fitur QR Code untuk berbagi Wifi. Sebelumnya, untuk berbagi Wifi saat sedang melakukan Tethering Hotspot, umumnya pengguna atau si pemilik perangkat akan membagikan kata sandi.

Namun pada Android Q lebih canggih. Untuk dapat menggunakan Wifi, pemilik perangkat bisa membaginya dengan QR Code. QR Code unik akan muncul dan dapat digunakan teman kamu untuk memindai dan bergabung dengan jaringan Wifi dengan mudah.

Selain itu pada Android Q, jika pengguna menekan lama tombol daya, maka akan menampilkan ikon emergency atau darurat. Ketuk ikon tersebut dan kamu akan memiliki akses cepat ke panggilan darurat.

Demikianlah jajaran bocoran fitur Android Q terbaru. Ke depan, fitur-fitur tersebut mungkin akan sempurna atau bahkan sama sekali hilang. Hal ini tentu tergantung kepada Google selaku si pemilik OS, apakah fitur-fitur di atas memang tepat digunakan atau tidak.

Editor : Fadhil Al Birra

Reporter : Rian Alfianto



Close Ads