alexametrics

Main Game sambil Mendulang Crypto

7 November 2021, 11:48:45 WIB

Paradigma gaming dalam beberapa tahun ini mulai berubah. Itu terjadi setelah ada sistem play to earn atau bermain dapat uang di sejumlah game berbasis blockchain. Namun, investor tidak bisa tanam dana ke sembarang permainan.

HATI Oktofiyanti Anugerahningrum senang bukan kepalang. Baru saja dia menarik uang senilai Rp 16 juta. Uang itu berbuah dari modal Rp 32 juta yang ditanamnya bulan lalu di salah satu game crypto. ’’Memang lagi harga crypto bagus. Momen pas saat narik dana pas,’’ ucapnya.

Yanti, sapaan akrabnya, merupakan salah seorang yang baru menceburkan diri ke dunia game crypto. Perempuan 35 tahun itu pun tak punya latar belakang gamer. Dia baru mencicipi permainan online Juli lalu. Saat itu, bos di tempatnya bekerja menawarkan pekerjaan sampingan. Yakni, menjalankan game crypto milik bos dengan sistem bagi hasil. ’’Pas disuruh, saya iya-iya saja. Karena dijanjikan uang tambahan,’’ ujarnya.

Melihat pendapatan yang lancar dalam beberapa bulan, dia memberanikan diri untuk membuat akun pribadi. Memang, untuk bermain game tersebut, dia harus mengeluarkan modal jutaan rupiah. ’’Awalnya satu akun, tapi karena nggak puas dengan karakternya beli lagi. Sampai akhirnya saya habis Rp 32 juta untuk empat akun,’’ tuturnya.

Bisa dibilang, Yanti merupakan investor konservatif. Meski bekerja di bidang pasar valuta asing, dia tak pernah tertarik berinvestasi di forex atau menjadi trader. Alasannya, takut risiko loss jika bermain pasar mata uang. ’’Saya bingung kalau harus cari faktor apa yang memengaruhi. Takutnya, modal di sana malah hilang,’’ ungkapnya.

Namun, saat membantu akun game crypto atasan, dia merasa tergoda. Pasalnya, misi yang dijalankan setiap hari mudah dimengerti. Yanti bisa menghasilkan poin yang nanti ditukar dengan mata uang crypto Ethereum.

Pakar blockchain Alpha Rhesa mengatakan, game crypto merupakan produk yang mencuat di Indonesia tahun ini bersamaan dengan non-fungible token (NFT). Dengan teknologi blockchain, pengembang menawarkan ekosistem yang bisa menjamin seluruh pemain mendapat keuntungan.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : bil/c18/dio

Saksikan video menarik berikut ini:

Close Ads