alexametrics

Instagram Luncurkan Fitur Amber Alert, Bisa Bantu Cari Anak Hilang

6 Juni 2022, 16:01:28 WIB

JawaPos.com – Berdekatan dengan penambahan fitur baru untuk Reels di Indonesia, Instagram turut mengumumkan penambahan fitur Amber Alert di beberapa negara. Dengan fitur ini, pengguna Instagram akan memungkinkan orang lain melihat dan membagikan pemberitahuan mengenai anak hilang di area mereka.

Fitur baru akan dirilis dalam minggu ini dan akan diluncurkan di 25 negara berbeda: Argentina, Australia, Belgia, Bulgaria, Kanada, Ekuador, Yunani, Guatemala, Irlandia, Jamaika, Korea, Lithuania, Luksemburg, Malaysia, Malta, Meksiko , Belanda, Selandia Baru, Rumania, Afrika Selatan, Taiwan, Ukraina, Inggris Raya, Uni Emirat Arab, dan Amerika Serikat (AS).

Dengan fitur ini, pengguna akan diperlihatkan detail tentang anak yang diculik seperti foto, deskripsi, lokasi penculikan, dan informasi apa pun yang dapat membantu meningkatkan peluang menemukan anak yang hilang.

Platform tersebut mengkonfirmasi bahwa mereka telah bermitra dengan organisasi seperti Pusat Nasional untuk Anak Hilang & Tereksploitasi (NCMEC) di AS, Pusat Internasional untuk Anak Hilang & Tereksploitasi, Badan Kejahatan Nasional di Inggris, Kantor Kejaksaan Agung di Meksiko, Polisi Federal Australia dan lainnya untuk fitur ini.

“Kami tahu bahwa peluang menemukan anak hilang meningkat ketika lebih banyak orang mengetahui, terutama dalam beberapa jam pertama. Dengan pembaruan ini, jika Amber Alerts diaktifkan oleh penegak hukum dan Anda berada di area pencarian yang ditentukan, peringatan itu sekarang akan muncul di umpan Instagram Anda,” jelas Instagram melalui keterangan resminya.

Fitur Amber Alert akan spesifik lokasi dan akan didasarkan pada informasi pada profil pengguna, alamat IP, dan layanan lokasi jika diaktifkan.

Sementara Emily Vacher, Director of Trust and Safety, Meta dalam keterangan di blog resminya juga mengungkapkan, mereka tengah bekerja untuk memperluas fitur ini ke lebih banyak negara. Mungkin termasuk Indonesia.

Sebelumnya Meta telah meluncurkan Amber Alert untuk Facebook pada tahun 2015. Peringatan ini diklaim telah sukses membantu ratusan kasus membahayakan anak di AS dan seluruh dunia. Meta memberi contoh pada 2020, Amanda Disley dan sang suami, membantu menyelamatkan Charlotte Moccia (11) dari Springfield, Massachusetts, setelah melihat peringatan di Facebook.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Rian Alfianto

Saksikan video menarik berikut ini: