alexametrics

Periksa Ponsel Android Anda, Kalo Ada Aplikasi Ini, Segera Hapus!

5 Agustus 2022, 08:28:36 WIB

JawaPos.com – Kumpulan baru aplikasi Android berbahaya yang diisi dengan adware dan malware ditemukan di Google Play Store. Ngerinya lagi, aplikasi ini telah diinstal hampir 10 juta kali di perangkat seluler.

Aplikasi ini berfungsi sebagai alat pengeditan gambar, keyboard virtual, pengoptimal sistem, pengubah wallpaper, dan banyak lagi. Namun, fungsi dasarnya adalah untuk mendorong iklan yang mengganggu, membuat pengguna berlangganan layanan premium, dan parahnya lagi bisa mencuri akun media sosial korban.

Penemuan aplikasi berbahaya ini berasal dari tim antivirus Dr. Web, yang menyoroti ancaman baru dalam laporan yang diterbitkan belum lama ini. Google telah menghapus sebagian besar aplikasi yang disajikan, namun seperti dikutip dari Bleeping Computer pada saat penulisan ini, tiga aplikasi tetap tersedia untuk diunduh dan dipasang melalui Play Store.

Selain itu, jika Anda menginstal salah satu aplikasi ini sebelum dihapus dari Play Store, Anda masih perlu mencopot pemasangannya dari perangkat Anda secara manual dan menjalankan pemindaian antivirus untuk membersihkan sisa-sisanya.

Aplikasi adware yang ditemukan oleh Dr. Web adalah modifikasi dari keluarga malware yang ada yang pertama kali muncul di Google Play Store pada Mei 2022 lalu. Setelah penginstalan, aplikasi meminta izin untuk melapisi jendela di atas aplikasi apa pun dan dapat menambahkan dirinya sendiri ke daftar pengecualian penghemat baterai sehingga mereka dapat terus berjalan di latar belakang meski korban telah menutup aplikasi.

Selain itu, mereka menyembunyikan ikon mereka dari laci aplikasi atau menggantinya dengan sesuatu yang menyerupai komponen sistem inti seperti “SIM Toolkit” atau sejenisnya. “Aplikasi ini “membunuh” ponsel saya,” kata beberapa ulasan di Google Play Store.

Editor : Kuswandi

Reporter : Rian Alfianto

Saksikan video menarik berikut ini: