alexametrics

Rusia Tidak Bisa Unduh WA Versi Desktop, Ada Apa Gerangan?

5 Juli 2022, 13:44:09 WIB

JawaPos.com – Pengguna WhatsApp (WA) di seluruh Rusia dilaporkan tidak dapat mengunduh versi desktop aplikasi tersebut. Masalah ini dikabarkan menimpa seluruh user Windows dan komputer di macOS.

Saat mencoba mengunduh WhatsApp versi desktop dari WhatsApp, browser dilaporkan menunjukkan kesalahan yang mengatakan bahwa sumber daya atau resource tidak tersedia. Dalam hal ini, tidak mungkin untuk dilakukan pengunduhan.

Anehnya, hal ini hanya dirasakan oleh pengguna di Rusia saja. Pengunduhan justru bisa dilakukan saat user WhatsApp di Rusia menggunakan layanan VPN dari IP atau Internet Provider asing.

Saat menggunakan VPN atau IP asing, seperti percobaan yang dilakukan oleh pengguna, di banyak wilayah, mengunduh aplikasi masih tersedia dengan kecepatan biasa tanpa batasan. Selain itu, versi web messenger masih tersedia untuk pengguna di situs web WhatsApp, yang tetap berfungsi dengan baik.

Apa yang menyebabkan masalah ini terjadi?

Menurut portal Rozetked, masalahnya ada pada sumber unduhan WhatsApp, termasuk dalam registri Roskomnadzor atau Kominfo-nya Rusia.

Banyak pihak memprediksi, hal ini terjadi mungkin karena buntut panjang konflik Rusia-Ukraina. Atas kuatnya intervensi Amerika Serikat (AS), banyak perusahaan teknologi Barat saat ini kemudian jaga jarak dengan Rusia, bisa saja termasuk WhatsApp saat ini sehingga menyebabkan versi desktop tidak bisa diunduh oleh user di Rusia.

Editor : Banu Adikara

Reporter : Rian Alfianto

Saksikan video menarik berikut ini: