alexametrics

Tingkatkan Keamanan, Kemenkominfo Alihkan Sistem PeduliLindungi ke PDN

4 September 2021, 11:02:04 WIB

JawaPos.com – Sistem PeduliLindungi telah dialihkan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) ke Pusat Data Nasional (PDN). Hal ini diklaim untuk meningkatkan upaya perlindungan data pengguna di aplikasi tersebut.

Sebagaimana diketahui, kedaulatan siber tanah air kembali diuji dengan data eHAC dilaporkan bocor. Menyusul setelahnya, mencuat informasi sertifikat vaksin Covid-19 Presiden Joko Widodo (Jokowi) di aplikasi PeduliLindungi beredar luas di internet.

Juru Bicara Kemenkominfo sekaligus Staf Khusus Menkominfo Bidang Digital dan SDM, Dedy Permadi menjelaskan, sistem PeduliLindungi telah dialihkan ke PDN sejak akhir Agustus lalu. Migrasi sistem tersebut diklaim ditujukan guna meningkatkan keamanan platform PeduliLindungi.

“Migrasi tersebut meliputi migrasi sistem, layanan aplikasi, dan database aplikasi PeduliLindungi. Migrasi turut dilakukan terhadap Sistem Aplikasi SiLacak dan Sistem Aplikasi PCare,” ujar Dedy melalui keterangan tertulisnya.

Dirinya melanjutkan, pihaknya akan terus mengawasi keseriusan seluruh pengelola dan wali data untuk menjaga keamanan Sistem Elektronik dan Data Pribadi yang dikelolanya. Baik dalam hal teknologi, tata kelola, dan sumber daya manusia.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Rian Alfianto

Saksikan video menarik berikut ini:

Close Ads