alexametrics

Facebook, Instagram, dan WhatsApp Down Semalaman

4 Juli 2019, 06:33:51 WIB

JawaPos.com – Untuk kesekian kalinya, layanan milik Facebook Inc seperti WhatsApp, Instagram, dan platform media sosial (medsos) Facebook sendiri dikeluhkan mengalami gangguan alias down semalam. Pantauan JawaPos.com, ketiga layanan tersebut mulai terasa gangguan sekira pukul sembilan malam.

WhatsApp tak bisa mengunduh foto yang dikirim pengguna lain. Selain WhatsApp, sejumlah pengguna layanan Instagram dan Facebook juga mengeluhkan sulit untuk mengunggah foto, video, dan file lainnya serta melakukan refresh di feed Instagram mereka.

Belum diketahui penyebab kejadian ini. Namun akibat down-nya ketiga layanan medsos yang telah menjadi platform rutinitas di seluruh dunia itu dikeluhkan warganet di Twitter. Hingga tengah malam, topik seputar WhatsApp Down menjadi pembicaraan paling hangat dan menjadi trending topik #WhatsAppDown. Tak hanya itu, pada posisi kedua dan ketiga juga diisi oleh hashtag #TwitterTerbaik dan #InstagramDown.

Topik soal Facebook dan kawan-kawan down menjadi obrolan di Twitter. (Screenshot/Rian Alfianto/JawaPos.com)

Sementara mengacu pada laman DownDetector, masalah ini dimulai sekitar pukul 10.00 WIB, Rabu (3/7). Gangguan dikabarkan memengaruhi pengguna di seluruh Inggris, sebagian Amerika Serikat, serta Asia (termasuk Indonesia).

Berbicara kepada Express.co.uk, sebagaimana JawaPos.com kutip pada Kamis (4/7) dini hari, seorang juru bicara Facebook mengamini sejumlah platform mereka yang down. “Kami sadar bahwa beberapa orang saat ini mengalami masalah dalam mengunggah gambar, video, dan file lainnya di aplikasi kami. Kami sedang berupaya untuk mengembalikan semuanya ke normal secepat mungkin,” katanya demikian.

Editor : Fadhil Al Birra

Reporter : Rian Alfianto