alexametrics

Tips Lakukan Setelan Akun Telegram Agar Semakin Aman

1 April 2022, 17:18:57 WIB

JawaPos.com – Aplikasi pesan instan menjadi sarana berkomunikasi yang diandalkan ketika tidak bisa bertemu langsung. Kebanyakan aplikasi pesan instan, termasuk Telegram, sudah dilengkapi dengan enkripsi end-to-end untuk memastikan komunikasi aman. Dengan teknologi tersebut, hanya pengirim dan penerima yang bisa melihat isi pesan.

Meski sudah ada perlindungan, tidak ada salahnya menyalakan sejumlah setelan di aplikasi Telegram agar akun semakin aman.

1. Sembunyikan Nomor Telepon
Pengguna Telegram bisa melihat nomor telepon jika sudah menyimpan kontak dan melakukan sinkronisasi dengan aplikasi.

Untuk memaksimalkan pengamanan akun, Telegram menyediakan opsi menyembunyikan nomor telepon. Caranya, pergi ke pengaturan, kemudian pilih privasi dan keamanan. Nyalakan opsi “tidak ada” pada pilihan siapa yang bisa melihat nomor telepon.

2. Kunci Obrolan
Fitur mengunci obrolan atau lock chat bisa dinyalakan jika pengguna menggunakan akun Telegram untuk beberapa perangkat sekaligus. Selain fitur obrolan rahasia atau secret chat, yang hanya bisa diakses dari satu perangkat, Telegram memiliki fitur lock chat untuk mengunci pesan secara otomatis.

Pesan akan terkunci setelah perangkat tidak digunakan selama beberapa menit. Fitur ini juga bisa diakses melalui menu privasi dan keamanan, kemudian pilih passcode and touch ID. Pengguna akan diminta untuk memasang PIN untuk membuka kembali obrolan.

3. Matikan Fitur Mencari Orang Terdekat
Fitur people nearby bisa digunakan untuk berkenalan dengan pengguna Telegram lainnya yang berada di sekitar, tanpa bertukar nomor telepon. Matikan fitur ini setelah selesai digunakan agar lokasi tidak tersebar ke orang-orang sekitar.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Antara

Saksikan video menarik berikut ini: