alexametrics

Tips Cari Beasiswa di Telegram, Maksimalkan Fitur Ini

30 Mei 2022, 11:37:48 WIB

JawaPos.com – Setiap tahun, ribuan masyarakat Indonesia mengajukan beasiswa untuk belajar di luar negeri. Tahun lalu, sebanyak 63.060 orang mendaftarkan akunnya di situs web Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), beasiswa yang dikelola oleh Kementerian Keuangan Republik Indonesia dan merupakan salah satu beasiswa yang paling terkenal serta diminati di Tanah Air.

Selain LPDP, Chevening Award yang diselenggarakan oleh Foreign, Commonwealth, and Development Office Britania Raya dan Beasiswa Fulbright yang diadakan oleh AMINEF juga merupakan beberapa program beasiswa yang paling populer di Indonesia. LPDP Indonesia membuka pendaftarannya di bulan Juli setiap tahunnya, sedangkan beasiswa Chevening Awards akan dibuka pendaftarannya pada Agustus 2022.

Mempersiapkan pendaftaran beasiswa bukanlah proses yang cepat dan mudah. Kamu tidak hanya harus menyiapkan banyak persyaratan dan dokumen untuk proses seleksi beasiswa itu sendiri, tetapi juga harus mempersiapkan persyaratan untuk pendaftaran universitas yang kamu tuju.

Belum lagi jika ada kewajiban lain yang harus kamu lakukan, seperti pekerjaan atau tanggung jawab lainnya yang berjalan bersamaan. Salah satu cara untuk memastikan proses persiapan beasiswa kamu tetap sesuai tenggat waktu adalah dengan bergabung ke komunitas yang akan saling mengingatkan dan mendukung selama proses berlangsung.

Salah satu platform yang bisa membantu kamu mendapat beasiswa incaran adalah menggunakan layanan perpesanan instan seperti Telegram. Dengan Telegram, memanfaatkan fitur grup atau komunitas dapat membantu kamu mendapat beasiswa sesuai kebutuhan spesifikmu.

Setelah memiliki akun Telegram, kamu dapat langsung memasukkan kata kunci untuk grup yang dicari, seperti ‘LPDP’, ‘Beasiswa’, atau ‘Chevening’, di kotak pencarian. Lalu, kamu dapat melihat grup yang sesuai dari hasil ‘Global Search’ dan menelusuri pesan terbaru terlebih dahulu sebelum memutuskan grup mana yang ingin kamu masuki.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Rian Alfianto

Saksikan video menarik berikut ini: