alexametrics

Startup Ini Sulap Limbah Tekstil Jadi ‘Teman Tidur’

26 November 2021, 14:33:30 WIB

JawaPos.com – Limbah dari industri tekstil menjadi salah satu penyumbang sampah yang cukup tinggi di Indonesia. Limbah yang dimaksud yakni berupa potongan-potongan kain yang tidak memenuhi standart kualitas atau sisa kain setelah digunakan dalam produksi.

Di Indonesia sendiri, tak banyak dari pelaku industri tekstil yang memanfaatkan sisa kain menjadi barang yang berguna. Akhirnya, sisa produksi tersebut hanya berakhir menjadi limbah yang tentunya akan mencemari lingkungan.

Menanggapi hal tersebut, startup atau perusahaan rintisan Sleep Buddy membawa misi untuk mengedukasi masyarakat Indonesia tentang pengolahan limbah. Khususnya tekstil untuk diubah menjadi sesuatu yang punya nilai jual.

Sleep Buddy sendiri menggunakan bahan daur ulang limbah tekstil untuk lebih peduli lingkungan. Dengan memanfaatkan limbah kain yang tersisa dari proses produksi pembuatan sprei atau selimut, Sleep Buddy membuat alternatif material baru dimanfaatkan kembali menjadi produk-produk dengan kualitas tinggi dan unik. Seperti, Cushion, Table Runner dan Throw Blanket yang semuanya berbahan dari sisa kain yang tak terpakai.

Indah Catur Agustin selaku Founder dari Sleep Buddy menjelaskan, langkah ini diambil agar bumi tidak tertumpuk oleh limbah kain setiap harinya. Dan tentunya memberikan kesempatan bagi kain yang tak terpakai agar bermanfaat kembali.

“Sleep Buddy yang saat ini tengah concern dengan lingkungan tidak hanya berfokus pada produksi namun juga peduli dengan limbah yang dihasilkan,” ujarnya.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Rian Alfianto

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads