alexametrics

Huawei Nova Baru Segera Hadir, Akankah Masih Tanpa Google?

25 Oktober 2021, 14:57:15 WIB

JawaPos.com – Melalui media sosialnya, Huawei Consumer Business Group (CBG) mengumumkan tanggal peluncuran untuk wilayah Asia Pacific di musim gugur ini. Setelah beberapa bulan, akhirnya Huawei akan menghadirkan sejumlah produk baru, termasuk smartphone, laptop, dan juga smartwatch.

Diyakini bahwa pada acara peluncurannya nanti, tidak hanya tiga perangkat luar biasa yang diperkenalkan Huawei. Tetapi konektivitas smart office serta kesehatan maupun kebugaran akan ditampilkan.

Yang menarik dari agenda perilisan tersebut, kabarnya akan ada juga seri smartphone Nova terbaru. Adapun seri Nova yang akan hadir yakni Nova 9 bersamaan dengan MateBook 14s dan Watch GT 3.

Seperti seri smartphone Huawei lainnya, Nova 9 masih akan dikirimkan tanpa aplikasi atau layanan Google, termasuk Google Play Store. Sebagai gantinya, Nova 9 bakal menggunakan Harmony OS Huawei.

Yang memiliki banyak kesamaan dengan versi open-source Android, hanya dengan aplikasi, layanan, dan toko aplikasi Huawei menggantikan versi Google. Sebagaimana diketahui, Huawei sudah cukup lama ‘pisah’ dari Google akibat dari peranh dagang Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok di masa kepemimpinan Presiden AS saat itu Donald Trump. Ditambah lagi, Huawei sebagai pabrikan teknologi yang punya ekosistem perangkat lengkap dituduh sebagai alat mata-mata pemerintah Tiongkok lewat solusi jaringan di pasar-pasar negara mereka khususnya wilayah AS saat itu.

Kembali ke Nova 9, sedikit kisi-kisi yang diberikan terkait jeroan yakni kabarnya handset Nova Series ini akan ditenagai oleh Snapdragon 778G salah satu chip Kirin in-house Huawei. Huawei Nova 9 menjadi varian terbaru Huawei Nova yang hadir dengan kamera Ultra Vision 50 MP dan XD Fusion Engine untuk meningkatkan kualitas gambar maupun perekaman video.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Rian Alfianto




Close Ads