alexametrics

Marak Pembobolan, Gini Cara Lindungi Data Pribadi di Medsos

24 Agustus 2021, 21:58:09 WIB

JawaPos.com – Data pribadi merupakan hal yang harus dijaga agar tidak disalahgunakan oleh orang lain yang pada akhirnya dapat merugikan kita. Namun, saat menggunakan media sosial (medsos) kita mau tidak mau memberikan data pribadi kita seperti tanggal lahir, email, dan nomor telepon, sebagai syarat mendaftar menjadi pengguna. Sehingga, di era digital ini, menjaga data pribadi semakin sulit.

Banyak kejahatan siber terjadi dengan menggunakan data pribadi para pengguna secara tidak bertanggung jawab oleh oknum tertentu. Mulai dari menjual data pribadi banyak pengguna hingga kasus penculikan.

Dari Januari hingga Mei 2021, BSSN (Badan Siber dan Sandi Nasional) mencatat terdapat lebih dari 448 juta serangan siber di Indonesia termasuk kebocoran informasi data pribadi. Biasanya oknum tersebut menggunakan teknologi digital untuk mencuri data pengguna dari perusahaan-perusahaan berbasis teknologi digital juga secara langsung menyasar pada akun pribadi perseorangan.

Tentunya Anda harus selalu berhati-hati supaya jangan sampai Anda jadi korban berikutnya dari tindak kejahatan oknum nakal ini. Untuk bisa menjaga data pribadi Anda, Likee membagikan beberapa tips yang bisa Anda lakukan:

 

Jangan asal berikan data pribadi Anda ke orang tidak dikenal

Editor : Dinarsa Kurniawan

Reporter : Rian Alfianto

Saksikan video menarik berikut ini:

Close Ads