alexametrics

Negara Ini Mengizinkan Pakai Pelat Nomor Digital, Ini Kecanggihannya

20 Juni 2022, 16:58:45 WIB

JawaPos.com – Penggunaan pelat kendaraan dengan kecanggihan chip komputer masih jadi wacana di beberapa negara berkembang, termasuk Indonesia. Namun, pengemudi di Michigan sekarang justru sudah memiliki pilihan untuk menghiasi mobil mereka dengan pelat nomor digital.

Dibantu oleh startup teknologi bernama Reviver, pelat nomor di negara bagian Amerika Serikat (AS) itu tak hanya berupa deret angka saja sebagai identitasnya. Lebih canggih, pelat digital ini juga dapat menemukan kendaraan yang hilang dan menerima peringatan keselamatan publik.

Dikenal sebagai RPlate, konsumen dapat memilih di antara dua model pelat mobil mereka yakni yang bertenaga baterai dan pelat berkabel yang mencakup GPS. Pelat telah tersedia untuk dijual di California dan Arizona juga dan perusahaan bertujuan untuk membuatnya tersedia secara nasional di AS.

Dikutip dari Engadget, RPlate pada dasarnya adalah pelat nomor dengan layar HD dan konektivitas LTE (serta GPS untuk model terprogram) yang mencakup sejumlah fitur keamanan dan personalisasi. Pengemudi dapat beralih antara mode gelap dan terang dan memilih pesan yang dipersonalisasi untuk muncul di bagian bawah.

Pelat berkemampuan GPS juga mencakup transponder telematika, sehingga dapat menemukan kendaraan yang hilang atau dicuri dan mengirim peringatan ke ponsel cerdas Anda jika mendeteksi gerakan yang mencurigakan. Selain itu, ada juga aplikasi seluler pendamping yang memungkinkan pengemudi melacak jarak tempuh dan memperbarui STNK mereka secara online.

Belum rampung, pelat digital Reviver juga mencakup beberapa fitur keamanan yang mungkin berlebihan bagi sebagian orang. Misalnya, di pelat ini ada mode “Parkir Valet”.

Seperti namanya, fitur ini memungkinkan Anda memantau mobil Anda dari jarak jauh saat sedang diparkir oleh petugas valet dan opsi geofencing untuk anggota keluarga atau karyawan yang mengemudikan mobil yang mengirimkan peringatan jika mereka melanggar batas perjalanan. (*)

Editor : Dinarsa Kurniawan

Reporter : Rian Alfianto

Saksikan video menarik berikut ini: