alexametrics

Duet Bareng AMD, Samsung Umumkan Chip Exynos 2200

19 Januari 2022, 14:10:29 WIB

JawaPos.com – Selain dikenal sebagai salah satu pemain utama pada industri perangkat seluler dan elektronik rumah tangga, Samsung di balik layar juga memiliki usaha di bidang semikonduktor atau pembuat chip. Salah satu chip yang dibuat adalah Exynos untuk ponsel. Baik buat dipakai sendiri atau mengisi perangkat merek lainnya.

Yang terbaru, Samsung Electronics Co., Ltd., mengumumkan prosesor seluler premium barunya, Exynos 2200. Exynos 2200 adalah prosesor seluler yang baru dirancang dengan Samsung Xclipse graphics processing unit (GPU) berbasis arsitektur AMD RDNA 2.

Ya, pada prosesor kali ini, Samsung duet dengan raksasa lainnya yakni AMD. Dengan core CPU berbasis Arm yang diketahui paling mutakhir saat ini dan neural processing unit (NPU) yang ditingkatkan, Exynos 2200 diklaim akan menghadirkan pengalaman terbaik bermain game di smartphone, serta meningkatkan pengalaman keseluruhan dalam aplikasi media sosial dan fotografi.

“Dibangun dengan proses EUV (extreme ultraviolet lithography) 4-nanometer (nm) paling canggih, dan dikombinasikan dengan teknologi seluler, GPU, dan NPU mutakhir, Samsung telah mengembangkan Exynos 2200 untuk memberikan pengalaman terbaik bagi pengguna smartphone,” kata Yongin Park, President of System LSI Business, Samsung Electronics melalui keterangan resminya.

Dengan Xclipse, GPU mobile baru yang dibangun dengan teknologi grafis RDNA 2 dari AMD dia melanjutkan, Exynos 2200 juga disebut akan mendefinisikan ulang pengalaman mobile gaming, dibantu oleh peningkatan grafis dan kinerja kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI).

“Selain menghadirkan pengalaman seluler terbaik kepada pengguna, Samsung akan melanjutkan upayanya untuk memimpin perjalanan dalam inovasi logic chip,” lanjut Yongin Park.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Rian Alfianto

Saksikan video menarik berikut ini:

Close Ads