alexametrics

Kelamaan WFH, Karyawan Disebut Terlena, Lebih Nyaman Kerja dari Rumah

15 November 2021, 11:50:00 WIB

JawaPos.com – Pandemi Covid-19 yang sudah melanda hampir dua tahun belakangan ini membuat para pekerja di banyak sektor bisnis mesti ‘memindahkan’ meja kerjanya dari kantor ke rumah mereka masing-masing. Hal ini juga berlaku bagi para pelajar dengan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) masih banyak ditunda dan dipindahkan hanya dari rumah.

Untuk para pelajar memang saat ini di beberapa daerah dan sekolah-sekolah di tanah air sudah ada yang menerapkan PTM. Untuk para pekerja juga pelan-pelan ada yang sudah kembali ke kantor mereka seperti sedia kala seiring prorgram vaksinasi yang terus digalakkan pemerintah untuk mengejar kekebalan komunal atau herd immunity.

Namun demikian, karena sudah kelamaan bekerja dari rumah atau Work From Home (WFH), para pekerja dan karyawan dilaporkan banyak yang terlena dan lebih nyaman bekerja dari jarak jauh. Sebelumnya, survei yang dilakukan Kaspersky ini terhadap 4.303 pekerja sektor TI (Teknologi Informasi), 54 persen karyawan telah melaporkan peningkatan beban kerja sejak beralih ke sistem jarak jauh, dengan 18 persen menggambarkan peningkatan yang signifikan.

Selain itu, 37 persen tidak melihat perubahan volume beban kerja, dan 9 persen lainnya mencatat penurunan lingkup kerja (scope of work) karena kondisi kerja yang baru.

Pada 2020, digitalisasi interaksi karyawan menjadi salah satu perubahan yang paling cepat. Namun, pada awal masa lockdown, 82 persen manajerial merasa khawatir bahwa transisi cepat menuju pekerjaan jarak jauh akan menyebabkan penurunan produktivitas. 69 persen pekerja mengklaim bahwa pekerjaan jarak jauh memengaruhi kondisi emosional mereka secara negatif.

Saat mendekati akhir tahun kedua pandemi, meskipun survei mengungkapkan bahwa lebih dari setengah karyawan mengalami peningkatan beban kerja karena WFH. 64 persen dari mereka yang disurvei tidak lagi merasa kelelahan dari penerapan sistem kerja jarak jauh.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Rian Alfianto

Saksikan video menarik berikut ini: