alexametrics

Sebentar Lagi Go Digital, Aksara Nusantara Segera Distandarisasi SNI

9 November 2021, 14:51:48 WIB

JawaPos.com – Rapat Konsensus (Rakon) Komisi Teknis 35-02 tentang penyusunan Rancangan Standar Nasional Indonesia (RSNI) aksara Nusantara yang mencakup font dan papan tombol aksara Nusantara digelar secara daring pada hari Selasa (2/11). Rapat ini merupakan kelanjutan dari rapat teknis sebelumnya, yang diikuti oleh para anggota Komisi Teknis 35-02, Tim Konseptor RSNI dari Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (Pandi) yang terdiri dari para pegiat aksara Nusantara, perwakilan dari Badan Standardisasi Nasional, perwakilan dari Kemenko PMK, dan perwakilan dari Asosiasi Industri Teknologi Informasi Indonesia (AITII).

Hasil dari Rapat Konsensus menyatakan bahwa dokumen RSNI sudah disepakati secara aklamasi oleh 12 dari 13 anggota Komisi Teknis 35-02 yang hadir dalam rapat, dan akan bergulir ke tahap Jajak Pendapat, hingga penetapan SNI aksara Nusantara.

Puncaknya, pada Desember mendatang, akan diadakan Selebrasi Digitalisasi Aksara Nusantara yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bekerja sama dengan Pengelola Nama Domain Internet Indonesia.

Menurut Dadan Sutisna, peserta Konsensus yang juga Konsultan Pandi, terdapat beberapa koreksi minor dalam rapat tersebut, dan bisa diselesaikan saat itu juga. Kemudian Komisi Teknis yang hadir menyetujui bahwa dokumen RSNI aksara Nusantara sudah mencapai konsensus, sehingga bisa berlanjut ke agenda Jajak Pendapat.

“Setelah rapat konsensus, tahap selanjutnya adalah Jajak Pendapat selama 20 hari, dan menurut rencana akan dimulai tanggal 8 November 2021. Setelah itu, akan dilakukan penetapan SNI untuk Aksara Nusantara yang disahkan pada Desember mendatang,” ujar anggota Konseptor RSNI tersebut.

Di lain pihak, Wakil Ketua Bidang Pengembangan Usaha, Pemasaran, dan Kerjasama Pandi Heru Nugroho mengaku senang dan sangat mengapresiasi semua pihak terkait atas capaian ini. Menurut Heru, dengan hasil ini, selangkah lagi akan semakin dekat dengan pengesahan SNI.

“Setelah pengesahan SNI pada bulan Desember nanti, rencananya akan diadakan acara Selebrasi Digitalisasi Aksara Nusantara yang diselenggarakan oleh Kemenkominfo bekerja sama dengan PANDI. Pada acara ini, rencananya Menkominfo akan meresmikan penerapan digitalisasi aksara nusantara secara langsung, sebagai kesinambungan dari SNI Aksara Nusantara,” pungkas Heru.

Sebagaimana diketahui, selama beberapa waktu ini, Pandi memang diketahui gencar melakukan proses digitalisasi aksara Nusantara yang beragam dari berbagai penjuru tanah air. Harapannya, setelah di digitalisasi, aksara Nusantara akan bisa digunakan sebagai font domain dan konten internet.

Editor : Banu Adikara

Reporter : Rian Alfianto

Saksikan video menarik berikut ini: