alexametrics

Orang Indonesia Lebih Suka Pakai Wifi Ketimbang 4G, Jatim Tertinggi

8 November 2021, 14:04:58 WIB

JawaPos.com – OpenSignal baru-baru ini merilis temuan terbarunya terkait pengguna internet Indonesia, khususnya mengenai bagaimana mereka mengakses layanan internet. Berdasarkan temuannya, orang Indonesia dikatakan lebih suka berselancar di dunia maya menggunakan jaringan 4G alih-alih menggunakan Wifi.

Berdasarkan Januari 2021, pengguna internet Indonesia mencapai 200 juta. Sebagai salah satu pasar utama layanan seluler, 195,3 juta atau setara 96,4 persen dari pengguna tersebut mengakses internet dari ponsel. Baik via jaringan seluler atau Wifi.

Namun bila lebih rinci, rupanya pengguna internet Indonesia lebih doyan mengakses internet pakai 4G. Hal itu dikarenakan jaringan 4G menawarkan kecepatan internet yang lebih kencang.

Meski demikian, dalam analisis ini, OpenSignal juga melakukan penilaian waktu yang digunakan untuk dapat terkoneksi dengan Wifi (Time on Wifi) dan layanan data seluler (3G dan 4G). OpenSignal menemukan bahwa, secara nasional, para pengguna menghabiskan 92 persen waktu mereka untuk terkoneksi dengan layanan data 4G (4G
Availability) dan 96,3 persen waktu mereka terkoneksi dengan layanan data 3G atau 4G (sebagai contoh 3G/4G
Availability).

Meskipun jarinan seluler tersedia hampir sepanjang waktu, pengguna terkoneksi dengan Wifi hanya sekitar sepertiga dari waktu (33,6 persen). Akibatnya, pengguna di Indonesia menghabiskan 2,9 kali lebih banyak waktu terhubung ke jaringan seluler 3G dan 4G daripada Wifi.

Hal ini turut mencerminkan analisis regional, dengan perbedaan yang beragam antara waktu yang digunakan
untuk terkoneksi ke Wifi dan layanan data seluler. Dengan catatan, ketika pengguna ponsel pintar terkoneksi dengan Wifi, pada umumnya mereka akan tetap melanjutkan untuk terkoneksi dengan jaringan seluler.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Rian Alfianto

Saksikan video menarik berikut ini: