alexametrics

Siap-siap, Peluncuran Snapdragon 875 Baru Diprediksi 1 Desember

7 Oktober 2020, 09:32:21 WIB

JawaPos.com – Chipset baru Snapdragon 875 dari Qualcomm diprediksi mungkin diluncurkan pada 1 Desember mendatang. Hal ini mengacu pada informasi dan bocoran dari orang dalam Roland Quandt yang mengatakan Qualcomm telah mengirimkan undangan ke media untuk acara yang dijadwalkan pada hari pertama Desember.

Mengingat bahwa Snapdragon 865 diluncurkan pada awal Desember, kemungkinan Qualcomm menggunakan acara Desember tahun ini untuk mengumumkan chipset andalan baru bisa jadi tepat. Sementara belum ada detail spesifik tentang itu, tetapi akan diproduksi menggunakan teknologi proses 5 nm.

Dalam hal konfigurasi, Snapdragon 875 diharapkan menyertakan satu inti Cortex-X1, tiga inti Cortex-A78 dan empat inti Cortex-A55. Adapun performa yang dijanjikan pada System on Chip (SoC) baru Qualcomm ini dijanjikan bakal berkali-kali lipat lebih bertenaga dan hemat daya dari model sebelumnya.

Sebelumnya dilaporkan bahwa Samsung Electronics memenangkan pesanan sebesar KRW 1 triliun atau berkisar Rp 12,7 triliun untuk produksi prosesor aplikasi seluler ponsel pintar kelas atas 5G generasi mendatang untuk Qualcomm, Snapdragon 875. Mereka dapat memenangkan pesanan sebesar itu terutama karena peningkatannya proses 5 nm.

Menurut kabar terbaru, nama kode dari Snapdragon 875 adalah Lahaina. Ada juga kode nama Lahaina Plus. Ini mungkin Snapdragon 875 Plus yang juga sejalan dengan pendekatan Qualcomm. Maksud kami, Snapdragon 865 dan Snapdragon 865 Plus sebelumnya didasarkan pada ide ini.

Selain dua model yang diekspos, ada juga model keluaran Snapdragon 875G. Mengenai apakah itu adalah Snapdragon 875 Plus yang berganti nama, informasi tersebut belum jelas saat ini. Namun, satu hal yang jelas, semua chip Snapdragon-875 kemungkinan akan diproduksi secara massal oleh Samsung.

Bagaimanapun, Qualcomm dan Samsung telah mencapai kesepakatan sebesar USD  850 juta atau berkisar Rp 12,5 triliun. Beberapa sumber mengatakan bahwa Snapdragon 875G sangat mungkin menjadi SD875 Plus.

Tetapi dibandingkan dengan rutinitas sebelumnya (versi Plus sedikit meningkatkan kecepatan clock CPU dan GPU dibandingkan dengan versi biasa, menghasilkan peningkatan kinerja yang kecil), tingkat peningkatan akan lebih besar. Jadi, ada banyak alasan untuk berpikir Qualcomm mungkin mulai merilis versi khusus dari chip andalannya yang berfokus pada game.

Samsung telah memulai produksi massal SD875 di jalur produksi di Korea Selatan menggunakan peralatan EUV. Ini akan menggunakan proses 5nm TSMC yang sama untuk menghasilkan Apple A14 dan Huawei Kirin 9000.

Selain prosesor Snapdragon-875, lini produksi proses 5 nm Samsung juga akan mengontrak modem Snapdragon X60 dan Exynos 1000. Snapdragon-875 mungkin memperkenalkan kombinasi inti super Cortex-X1 dan inti Cortex-A78 untuk pertama kalinya. Inti X1 yang baru dirancang memiliki efisiensi energi 30 persen dan 23 persen lebih tinggi daripada A77 dan A78.

Dan kemampuan pembelajaran mesin atau Machine Learning-nya juga dilaporkan lebih tinggi dari pada A78. Kami berharap ini mengintegrasikan baseband 5G pada platform andalan Qualcomm untuk pertama kalinya dan mengucapkan selamat tinggal pada mekanisme plug-in atau modem terpisah. (Notebook Check)

 

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Dinarsa Kurniawan

Reporter : Rian Alfianto

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads