alexametrics

Berantas Akun Palsu dan Komen Sampah, YouTube Gunakan Jurus Pamungkas

5 Juli 2022, 20:34:23 WIB

JawaPos.com – Persoalan akun palsu dan komentar pedas menyakitkan di YouTube telah menjadi pekerjaan rumah terbesar penyelenggara platform tersebut selama beberapa tahun belakangan ini. Oleh karenanya, YouTube terus melakukan sejumlah langkah preventif untuk mengurangi komentar spam dan peniruan identitas akun saluran (akun palsu).

Terbaru YouTube merilis sebuah fitur yang memungkinkan kreator untuk mengubah setelan untuk komentar di YouTube Studio. Dikutip dari TechCrunch, fitur tersebut memungkinkan pemilik akun untuk dapat memilih opsi “tingkatkan keketatan”.

Fitur baru ini diharapkan dapat membantu pembuat konten atau para kreator untuk mengontrol komentar yang kasar dan spam. Untuk menjaga agar akun palsu tetap terkendali, kemampuan untuk menyembunyikan jumlah pelanggan telah dihapus.

YouTube sendiri dilaporkan memiliki lebih dari dua miliar pengguna aktif dan lebih dari 50 juta saluran atau channel. Sayangnya, diantara banyaknya pengguna YouTube tersebut, banyak yang senang membuat spam atau komentar kasar atau melalui akun anonim meniru identitas kreator lainnya.

Untuk meningkatkan kemampuan kreator dalam memerangi spam dan komentar kasar, YouTube telah memperkenalkan setelan moderasi baru di YouTube Studio. Seperti sudah disinggung di atas, pengguna dapat memilih opsi ‘Tingkatkan Keketatan’, yang akan menahan komentar yang tidak pantas untuk ditinjau nanti.

Fitur ini dirancang untuk mengurangi spam dan mengidentifikasi komentar kasar. Opsi ini juga merupakan alternatif untuk memfilter komentar secara manual atau menonaktifkannya sepenuhnya.

Editor : Dimas Ryandi

Reporter : Rian Alfianto

Saksikan video menarik berikut ini: