alexametrics

Putusan Jalan Tengah yang Membingungkan

30 November 2021, 14:30:19 WIB

JawaPos.com – Putusan MK tidak memerinci apa saja yang perlu diperbaiki pada UU Cipta Kerja. Sebab, putusan MK hanya menyebut soal proses, bukan hasil. Pakar hukum tata negara Bivitri Susanti mengurai lebih jelas tentang hal itu.

Bagaimana Anda melihat putusan MK terkait UU Cipta Kerja?.

Putusan ini patut diapresiasi karena MK mengonfirmasi buruknya proses perumusan UU Cipta Kerja. Bila tidak ada putusan ini, maka praktik buruk itu bisa mendapat legitimasi sehingga mungkin akan terus berulang.

Tapi, putusan tersebut mendapat respons yang berbeda-beda dari berbagai pihak.

Bila dilihat dari amar putusan serta 4 di antara 9 hakim yang berpendapat berbeda, putusan ini memang seperti jalan tengah. Dan jalan tengah ini sesungguhnya menimbulkan kebingungan. Sebab, putusan ini mengatakan bahwa ada sebuah proses legislasi yang inkonstitusional. Sebenarnya produk yang dihasilkan dari proses inkonstitusional ini juga inkonstitusional, sehingga tidak berlaku. Tapi, putusan ini membedakan antara proses dan hasil. Sehingga yang dinyatakan inkonstitusional hanya prosesnya, tetapi UU-nya tetap konstitusional dan berlaku.

Presiden menyatakan bahwa sesuai putusan MK, UU itu masih berlaku dan tidak berpengaruh pada investor. Apa pendapat Anda?

Editor : Ilham Safutra

Reporter : syn/c18/oni

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads