alexametrics

Sang Maestro Vokal Doddy Katamsi Menapaki Usia 55 Tahun

12 Juni 2022, 19:19:54 WIB

Itu hal yang biasa aja. Memang guru kan seperti itu. Buat aku, itu beda jalur antara guru dan pelaku yang berkarier. Nggak bisa dibandingkan. Kalau bangga, ya iya dong jelas bisa terlibat di balik kesuksesan mereka. Tapi, yang kayak gitu kan nggak perlu diomongin juga. Kalau muridnya sukses, ya alhamdulillah. Nggak perlu gembar-gembor kayak ’eh itu dulu gue loh yang ngajar’. Hahaha.

Selain masih menjadi pelatih vokal, Om Doddy punya grup band metal Lawang Pitu ya?

Iya. Tapi, visi dan misi kami membentuk band ini berbeda dengan ABG (anak baru gede). Bukan karena ingin masuk TV, lalu ngetop dan lainnya. Kami sudah nggak seperti itu berpikirnya. Lawang Pitu dibuat karena murni ingin ngeband, berkarya. Nggak memusingkan albumnya laku atau nggak. Laku syukur, nggak ya bodo amat.

Tapi, selain itu, ini jadi salah satu trik menjaga eksistensi di industri musik?

Ya salah satunya. Menunjukkan bahwa ini loh Doddy Katamsi tuh masih ada.

Gimana sih Om dulu cerita kali pertama tertarik dengan musik rock?

Dari waktu masih kelas 2 SMP di Jogjakarta. Karena dulu teman-teman di SMPN 8 Jogjakarta itu dengerin musik-musik rock semua. Nah, ketika pindah ke Jakarta pas kelas 1 SMA sempat hilang karena teman-teman dengerin musik jazz semua. Setahun berikutnya, baru ketemu lagi sama anak-anak yang ngeband-nya musik rock. Jadi, ada sekitar dua tahun ngerock tuh hilang.

Memangnya siapa sih idola musik rock Om Doddy?

Led Zeppelin dan Janis Joplin. Tapi tuh dulu yang bikin aku suka musik rock gara-gara dengerin lagu-lagu Led Zeppelin. Menurutku, dia tuh nyanyinya unik dan berbeda sama grup band rock lain yang ada.

Lalu, sejak kapan Om Doddy meniti karier dan fokus di genre musik rock?

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : shf/c7/jun

Saksikan video menarik berikut ini: