alexametrics

Mantan Kapten Timnas Ferril Hattu: Mereka Berlari, Kita Hanya Berjalan

8 Mei 2022, 20:48:16 WIB

Timnas Indonesia U-23 mengawali debut dengan kekalahan 0-3 oleh tuan rumah Vietnam pada laga di SEA Games 2021 Jumat (6/5). Bukan hasil yang menggembirakan tentu saja. Tapi, timnas Indonesia pernah meraih emas di ajang antarnegara se-ASEAN itu pada 1991 dengan kapten Ferril Raymond Hattu. Kepada Jawa Pos, Ferril mengungkapkan titik lemah serta taktik agar sepak bola nasional kembali berprestasi.

Halo, apa kabar Pak Ferril?

Baik, sehat selalu.

Kesibukan Anda apa saat ini?

Saya di Askot PSSI Surabaya. Saya juga komisarisnya Persebaya. Di askot saya kan ketua komisi kepelatihan. Saya merancang sertifikasi pelatih-pelatih harus bagaimana.

Pekan ini SEA Games Vietnam sudah bergulir. Di sepak bola, terakhir Indonesia dapat emas di era Anda pada 1991. Sebenarnya ada apa dengan sepak bola Indonesia?

Itu menunjukkan sepak bola Indonesia tidak baik-baik saja. Kalau bilang mundur, tidak juga. Hanya, kemajuannya sangat lambat dibandingkan negara lain. Majunya pelan, sedangkan negara lain kencang. Istilahnya mereka berlari, kita hanya berjalan.

Apa penyebabnya?

Kompetisi kita ini tidak berjalan dengan baik. Yang kedua, jenjang pembinaan kita asal jalan. Yang ketiga, ya memang federasi kita ini menyebabkan semua program tidak berjalan dengan baik. Begitu pula program SEA Games, semua instan. TC (training center) pun mintanya instan. Mulai era Evan Dimas yang di Manila persiapan hanya tiga bulan. Itu kalau juara, ya buyar kita. Kenapa? Karena mereka (federasi) pasti berpikir instan begini saja bisa juara. Saya ini satu tahun lho dulu persiapannya untuk dapat emas.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : rid/c19/jun

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads