alexametrics
Bincang Kekerasan terhadap Perempuan

Kalis Mardiasih: Korban Kekerasan Digital Harus Berani Speak Up

3 Desember 2019, 19:51:03 WIB

Kalis Mardiasih, penulis yang juga aktivis muda NU, getol mengampanyekan penyadaran terhadap berbagai bentuk kekerasan digital terhadap perempuan. Mulai penyebaran foto, screenshot curhatan, hingga dokumen pribadi tanpa izin. Berikut obrolan wartawan Jawa Pos Nurul Komariyah dengan Kalis.

Apa sikap perempuan ketika menjadi korban kekerasan digital?

Sikap mental sebagai korban. Yakinkan bahwa kamu adalah korban. Artinya, kamu nggak salah. Berarti kamu boleh untuk speak up. Bilang kepada pelaku bahwa kami nggak suka diperlakukan demikian. Tegur secara langsung si pelaku. Kita punya otoritas dan hak untuk menjaga kesehatan mental, psikis, dan fisik kita. Orang lain nggak punya hak untuk mengganggu itu.

Apa batasan untuk membentengi diri agar terhindar dari kekerasan digital?

Definisi orang tentang reputasi itu beda-beda, ya. Kalau kamu punya profesi tertentu dan merasa penting untuk melindungi reputasimu sendiri seperti guru, dosen, pekerja kreatif, pebisnis, berarti kamu harus tahu cara membangun reputasi dirimu sendiri.

Namun, kalau perlindungan data pribadi, mutlak semua orang harus menyadari itu. Alamat, nomor telepon, rekening bank, dan nomor paspor, itu kan hal-hal yang bersifat sangat pribadi. Kadang-kadang orang justru belum punya kesadaran digital security paling pokok itu.

Apakah potensi kekerasan digital terhadap orang yang lebih intens membagikan kehidupannya di medsos lebih besar daripada mereka yang pasif bermedsos?

Kadang-kadang orang yang nggak share di medsos pun bisa jadi korban. Misalnya, pencurian foto pribadi. Jadi, itu bisa terjadi pada siapa pun.

Apa tanggapan Anda tentang perempuan yang menuliskan ujaran kebencian pada kolom komentar medsos sesama perempuan lain?

Mulai sekarang, kita harus menciptakan ekosistem yang positif di medsos. Berikan yang terbaik untuk orang lain biar itu berbalik ke dirimu. Kalau kamu biasa berkomentar positif, orang juga akan begitu ke kamu.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : */c5/agm



Close Ads