alexametrics

Indonesia Bisa Jadi Penengah

Oleh TEUKU REZASYAH*
24 Maret 2022, 10:40:09 WIB

SEBULAN sudah invasi Rusia ke Ukraina. Namun, belum ada tanda-tanda operasi militer khusus itu akan berakhir. Padahal, dampaknya sudah sangat nyata.

Jutaan warga Ukraina terpaksa mengungsi, ratusan warga sipil meninggal, dan kota-kota besar di Ukraina hancur lebur. Tak bisa diprediksi kapan invasi militer itu usai.

Sebenarnya ada sedikit harapan operasi militer tersebut bisa diakhiri. Yakni, melalui kedatangan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden ke Polandia yang direncanakan hari ini (24/3). Kedatangan Biden diharapkan bisa menghasilkan dampak nyata pada hubungan Ukraina-Rusia melalui dialog khusus yang dapat dilakukan antara orang kepercayaan Biden dan Presiden Rusia Vladimir Putin. Hasilnya harus memuaskan kedua pihak. Setelahnya, kedua kepala negara bisa bertemu dan berdialog secara langsung. Pertanyaannya, apakah Biden mau memenuhi permintaan Putin?

Hingga kini, target Rusia sendiri belum tercapai. Ada sejumlah tuntutan yang tidak terjawab oleh Ukraina. Di antaranya, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky harus tegas mengatakan tak akan bergabung dengan NATO dan menolak lamaran NATO di masa depan. Lalu, tidak akan merencanakan keanggotaan Uni Eropa, menegaskan bahwa hubungan Ukraina dengan NATO maupun Uni Eropa hanya sebatas pertemanan sesuai hubungan internasional, hingga menyebut Ukraina sebagai negara netral.

Keputusan tersebut memang sulit. Sebab, masing-masing pihak tentu akan mempertahankan gengsinya. Karena itu, harus ada penengah agar tidak mempermalukan pihak-pihak yang berkonflik.

Indonesia seharusnya bisa mengambil peran itu. Caranya, menginisiasi resolusi PBB agar tidak terjadi perang terbuka antara NATO dan Rusia. Indonesia bisa menggandeng Organisation of Islamic Cooperation (OKI) dan negara anggota GNB (Gerakan Non-Blok) untuk menyuarakan seruan damai antara Rusia, Ukraina, dan Amerika Serikat. Dan itu harus cepat.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : mia/c18/oni

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads