alexametrics

70 Persen Pasien Berstadium Lanjut

Oleh Soehartati Ghondowiarjo
14 Februari 2019, 12:55:10 WIB

JawaPos.com – Ada beberapa jenis kanker darah. Jumlah pasien anak lebih besar daripada pasien dewasa. Namun, lebih menarik ketika kita mengupas permasalahan kanker secara general.

Berdasar pengalaman, sebagian besar pasien kanker yang datang ke pusat layanan kesehatan sudah dalam stadium lanjut. Sebanyak 60-70 persen pasien datang dalam kondisi stadium III. Karena itu, sangat penting meningkatkan kewaspadaan ini. Yakni melalui deteksi dini kanker. Saya berharap media membantu menyosialisasikannya.

Pasien yang datang dalam stadium awal akan lebih mudah ditangani. Angka kesembuhannya pun tinggi. Sementara itu, angka kesembuhan mereka yang datang dalam kondisi stadium lanjut sangat kecil. Biaya pengobatan yang dikeluarkan pun lebih besar.

Lalu, apa saja yang menimbulkan keterlambatan itu? Ada dua faktor. Faktor pertama ada pada pasien. Misalnya, kurang peduli. Pasien abai terhadap gejala yang muncul. Bisa juga faktor ekonomi dan sosial. BPJS Kesehatan memang telah memberikan klaim untuk peserta. Namun, untuk biaya menginap atau tiket pesawat karena harus dirujuk, tidak ada yang menanggungnya.

Faktor keterlambatan kedua adalah sistem. Misalnya, sistem rujukan berjenjang. Yakni, dari rumah sakit tipe D ke rumah sakit tipe C dulu. Padahal, penanganan kanker membutuhkan waktu yang cepat. Seharusnya, selama fasilitas dan kapasitas untuk pelayanannya ada, ya masukkan saja.

Saya berharap tidak ada lagi daftar tunggu untuk pasien kanker. Tidak ada penumpukan. Kalau selama ini yang sudah diaplikasikan, para dokter bekerja sama. Misalnya, di rumah sakit A ternyata daftar tunggunya banyak, sedangkan di rumah sakit B longgar. Dengan demikian, dokter rumah sakit A bisa berkoordinasi dengan dokter rumah sakit B sehingga pasien cepat tertangani.

Saat ini memang belum semua daerah memiliki alat untuk terapi seperti radioterapi. Untuk pengadaan hingga operasional, dibutuhkan waktu. Di Aceh, Pontianak, dan Kalimantan Utara, pengadaan sedang proses. Kalau semua sudah beroperasi, saya optimistis tidak ada antrean.

Kembali ke awal, kanker akan lebih baik ditangani sedini mungkin. Di layanan primer seperti puskesmas, sudah ada enam pengetahuan deteksi dini. Deteksi dini untuk apa saja? Untuk kanker payudara, kanker kulit, kanker mulut rahim, kanker usus, kanker mata (retinoblastoma), dan kanker prostat. Semua itu dijamin BPJS Kesehatan. 

*) Ketua Komite Penanggulangan Kanker Nasional

Editor : Ilham Safutra

Reporter : (Disarikan dari wawancara/lyn/c5/git)



Close Ads
70 Persen Pasien Berstadium Lanjut