JawaPos Radar | Iklan Jitu

BUMN Disuntik PMN, Rakyat Dapat Apa?

31 Oktober 2015, 15:11:00 WIB | Editor: ayatollah
BUMN Disuntik PMN, Rakyat Dapat Apa?
Pengamat ekonomi dan kebijakan publik, Ichsanuddin Noorsy dan politikus PDIP, Maruarar Sirait dalam diskusi tentang hasil survei setahun Jokowi-JK di Jakarta, Kamis (8/10). (Foto: dokumen JPNN.Com)
Share this

JawaPos.Com - Keinginan pemerintah menyuntik BUMN melalui penyertaan modal negara (PMN) sempat membuat RAPBN 2016 terancam buntu. Untuk mensiasatinya, PMN akan dibahas dalam APBN Perubahan 2016, sehingga RAPBN 2016 bisa disetujui untuk disahkan, Jumat (30/10).

Namun, masih adanya keinginan pemerintah menyuntik BUMN dengan modal besar-besaran tetap mengundang kritik keras. Pengamat ekonomi dan kebijakan publik, Ichsanuddin Noorsy bahkan menyebut BUMN tidak semestinya mendapat suntikan modal besar-besaran dari negara.

Berbicara dalam sebuah diskusi di Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (31/10), Ichsanuddin mengatakan, selama ini BUMN tak pernah berpihak ke rakyat. Karenanya manfaat PMN untuk BUMN pun patut dipertanyakan.

"Perusahaan Listrik Negara (PLN) harusnya menolong rakyat dengan menyediakan listrik murah. Tapi pada kenyataanya, PLN malah menjual produk dengan harga pasar yang memberatkan kalangan ekonomi lemah," kata Noorsy dalam diskusi di kawasan Cikini, Jakarta, Sabtu (31/10).

Dia curiga PMN sejatinya bukan untuk BUMN. Sebab, bisa-bisa PMN justru jadi bancakan bos-bos BUMN dan pemerintah.

"PLN yang terima (PMN) berapa puluh triliun, siapa yang nikmati? Malah bebani rakyat," sindirnya.(dil/JPNN/JPG)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up