alexametrics

Rerie: Butuh Kolaborasi Agar Cinta Buatan Indonesia Tak Sebatas Slogan

31 Maret 2022, 16:55:36 WIB

JawaPos.com – Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat menyatakan perlunya transformasi menyeluruh agar bangga buatan Indonesia tidak sebatas slogan, tetapi menjadi cara kita untuk mewujudkan kedaulatan dan ketahanan negara serta harga diri sebagai bangsa.

“Era digitalisasi saat ini menciptakan persaingan di pasar yang lebih ketat atas barang dan jasa yang dihasilkan, sehingga diperlukan upaya perbaikan yang menyeluruh agar produksi dalam negeri mampu menjawab permintaan pasar,” ujar Lestari saat membuka diskusi daring yang digelar Forum Diskusi Denpasar 12.

Menurut Lestari, persaingan ketat antara produk lokal dan impor harus mendorong upaya agar menumbuhkan rasa bangga buatan Indonesia lewat peningkatan kualitas barang dan jasa dalam negeri. Bahkan, berdasarkan pengamatan Center of Economics and Law Studies (Celios), sejak dulu memang tidak ada perbaikan yang signifikan dari pemerintah tentang pengadaan barang dan jasa di kementerian dan lembaga terkait penggunaan produk dalam negeri.

“Kementerian dan lembaga berdalih produk lokal yang ada tidak sesuai dengan standar yang dibutuhkan,” ujar Lestari yang juga anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu.

Karena itu, dirinya sangat berharap para pemangku kepentingan mampu menghapuskan gap yang terjadi antara kebutuhan pasar dan kualitas produk yang diinginkan konsumen. Sebab semangat anak bangsa untuk bangga menggunakan produk dalam negeri merupakan bagian dari upaya membangun ketahanan dan kedaulatan negara serta harga diri bangsa.

Pelaksana Tugas Sekretaris Utama Badan Pangan Nasional, Sarwo Edhi mengungkapkan, lembaganya yang baru berdiri 21 Februari 2022 berfungsi sebagai stabilisator harga sejumlah kebutuhan pokok masyarakat.

Editor : Dimas Ryandi

Saksikan video menarik berikut ini:

Close Ads