JawaPos Radar

Elite PDIP Minta KPK Penuhi Panggilan Pansus

30/09/2017, 18:06 WIB | Editor: Imam Solehudin
Pansus Angke KPK
Ilustrasi (Dok.Jawapos.com)
Share this

JawaPos.com - Sekertaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto menilai fungsi utama Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tidak hanya melakukan operasi tangkap tangan (OTT).

Hasto menegaskan, Lembaga anti rasywah itu juga mempunyai tugas pokok untuk mencegah terjadinya korupsi.

"KPK juga menjalankan fungsi pencegahan, KPK bukan hanya OTT, KPK menjalankan fungsi pencegahan. Kami sangat prihatin dengan OTT yang dilakukan. Seolah-olah persoalan korupsi ini tidak pernah berhenti," kata Hasto di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Sabtu (30/9).

Lebih lanjut, perihal pansus angket, Hasto meminta KPK mau memenuhi panggilan. Sebab, pansus KPK bertujuan untuk memperkuat KPK, bukan melemahkannya.

"Dengan demikian akan dibangun budaya hukum pemberantasan korupsi dilakukan dengan sesuai dengan peratuan perundang-undangaan. hanya itu diminta oleh PDI Perjuangan," terangnya.

Selain itu, Hasto juga meminta KPK agar tidak menyalahgunakan penyadapan dalam penetapan tersangka.

Menurutnya, penyadapan harus lah disertai dengan bukti yang kuat.

"Ketika KPK hadir sebagai lembaga yang dipercaya rakyat dan mampu mendorong kerjasama mencegah korupsi maka hasilnya akan sangat baik," kata dia.

"Karena itulah kami mendorong kerja sama dan pansus kpk dilakukan mendorong peningkatan kinerja KPK agar betul-betul sesuai dengan perintah undang-Undang dalam memberantas korupsi itu," pungkasnya.

(cr4/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up