alexametrics

Ogah di Luar Pemerintahan Lagi, PKS: Ingin Mengusung, Bukan Mendukung

29 Mei 2022, 20:06:03 WIB

JawaPos.com – Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan mengajak Partai Keadilan Sejahtera (PKS) untuk bergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) besutan PAN, Partai Golkar, dan PPP. Elite PAN ini pun tak ingin kontestasi Pilpres 2024 diikuti dua pasang calon.

“Atmosfer kita itu pengap, negatif, dan tidak produktif. Mungkin akibat Pilpres kemarin hanya dua pasang. Karena Pilpres hanya dua pasang, para pendukung mati-matian mendukung kandidatnya. Oleh karena itu kami mencoba membuat koalisi, maksudnya mudah-mudahan PKS bisa bersama-sama,” kata Zulhas dalam acara Milad ke-20 PKS di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (29/5).

Zulhas mengamini, KIB dibentuk dengan maksud untuk memunculkan kandidat saat Pilpres nanti lebih dari dua pasang. Dia tak menginginkan terjadi polarisasi seperti Pilpres 2019.

“Maksudnya calonnya jangan dua lagi Pilpres besok, kalau bisa 3 lah, syukur-syukur bisa lebih. Ini untuk mengurangi apa yang kita alami hari-hari ini, dengan atmosfer yang pengap dan tidak produktif itu,” papar Zulhas.

Menurut Zulhas, negara yang besar adalah negara yang bisa melakukan kolaborasi, salah satunya dalam mengikuti kontestasi politik.

“Negara yang besar kalau kata Presiden PKS hanya bisa maju menjadi negara yang besar jika kita kolaborasi bersama-sama,” tegas Zulkifli.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Muhammad Ridwan

Saksikan video menarik berikut ini: