alexametrics

Jokowi: Pemindahan Ibu kota Ide Lama, Tapi Tak Pernah Diputuskan

29 April 2019, 16:05:57 WIB

JawaPos.com – Pemerintah menggelar rapat terkait rencana memindahkan Ibu Kota Indonesia, Senin (29/4). Rapat yang digelar di Kantor Presiden itu dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo alias Jokowi.

Dalam sambutannya Presiden mengatakan, gagasan untuk pemindahan Ibu kota ini sebetulnya sudah lama sekali. Bahkan, telah ada sejak era Presiden Soekarno dan selalu muncul dalam setiap era pemerintahan.

“Tapi wacana itu timbul tenggelam karena tidak pernah diputuskan dan tidak dijalankan secara terencana dan matang,” ujarnya.

Jokowi menambahkan, pemindahan ibukota  bukan berbicara jangka pendek. Tapi bicara kepentingan lebih besar dalam jangka panjang untuk menyongsong kompetisi Global.

“Ketika kita sepakat menuju negara maju, pertanyaan pertama yang harus dijawab adalah apakah di masa yang akan datang DKI Jakarta sebagai ibu kota negara mampu memikul dua beban sekaligus. Yaitu sebagai pusat pemerintahan dan pelayanan publik sekaligus pusat bisnis,” imbuhnya.

Jokowi melanjutkan, beberapa negara sudah mengantisipasi perkembangan negaranya di masa yang akan datang dengan memindahkan pusat pemerintahannya.

“Kita contohkan banyak sekali, Korea Selatan, Brazil, Kazakhstan dan lain-lain jadi sekali lagi kita ingin kita berpikir visioner untuk kemajuan negara ini,” tuturnya.

Namun demikian, Jokowi menilai, agar pemindahan ibu kota bisa berjalan lancar butuh persiapan yang matang. Baik dari sisi pilihan lokasi, aspek geopolitik geostrategis, kesiapan infrastruktur pendukung, dan pembiayaan.

“Tapi saya meyakini Insya Allah kalau dari awal kita persiapkan dengan baik maka gagasan besar ini akan bisa kita wujudkan,” pungkasnya.

Editor : Dimas Ryandi

Reporter : Folly Akbar



Close Ads