alexametrics
Kaleidoksop Politik 2021

Kudeta Pagi di Pucuk Pimpinan Bintang Mercy

28 Desember 2021, 05:19:27 WIB

JawaPos.com – Pada 2021 ini Partai Demokrat dirundung prahara, hal itu lantaran terjadinya kudeta yang dilakukan oleh Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko terhadap Ketua umum Parpol berlambang bintang mercy Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Kala itu, pada 1 Februari 2021 Ketua Umum AHY mendandak muncul ke publik, ia marah karena ada pihak yang berasal dari kalangan pemerintahan ingin merebut secara paksa kursi ketua umum partai berlogo bintang mercy. Padahal kala itu AHY baru menjabat sebagai ketua umum selama 11 bulan.

“Gabungan dari pelaku gerakan ini Ada 5 orang terdiri dari 1 kader Demokrat aktif, 1 kader yang sudah 6 tahun tidak aktif, satu mantan kader yang sudah 9 tahun diberhentikan dengan tidak hormat dari partai karena menjalani hukuman akibat korupsi, dan 1 kader yang telah keluar dari partai 3 tahun yang lalu, sedangkan yang non kader partai adalah seorang pejabat tinggi pemerintahan yang sedang kami mintakan konfirmasi dan klarifikasinya kepada Presiden Joko Widodo,” kata AHY kala itu di kantor DPP Demokrat, Jakarta.

“Gerakan ini melibatkan pejabat penting pemerintahan yang secara fungsional berada dalam lingkar kekuasaan terdekat dengan Presiden Joko Widodo,” sambungnya.

Bahkan kala itu, Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) merasa menyesal dan meminta maaf pernah memberikan jabatan kepada Moeldoko sebagai Panglima TNI pada 2013 silam ketika dirinya menjadi Presiden RI.

“Termasuk rasa malu dan rasa bersalah saya yang dulu beberapa kali memberikan kepercayaan dan jabatan kepadanya. Saya memohon ampun kehadirat Allah Subhanahu Wa Ta’ala Tuhan yang maha kuasa atas kesalahan saya itu,” ujar SBY.

Editor : Dimas Ryandi

Reporter : Gunawan Wibisono

Saksikan video menarik berikut ini:

Close Ads