alexametrics

Emil Dardak Membelot dari PDIP, Menteri Tjahjo Bilang Begini

28 November 2017, 16:32:07 WIB

JawaPos.com – Aksi ‘lompat pagar’ yang dilakukan oleh Kader PDIP yang juga merupakan Bupati Trenggalek, Emil Dardak mendapat sorotan dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI Tjahjo Kumolo. 

Sebagaimana diketahui, karena aksi ‘lompat pagar’ itu, Emil akhirnya dipecat oleh partai PDIP karena lebih memilih pinangan Ketua Umum Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk menemani Khofifah Indar Parawansa di pemilihan gubernur Jawa timur (Pilgub Jatim).

Namun, Tjahjo yang merupakan politisi senior PDIP mengaku tak mempermasalahkan pencalonan Emil di Pilgub Jatim, meski dalam UU Pilkada dan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU), kepala daerah hanya wajib mengajukan cuti selama masa kampanye.

Emil dan Arumi
Bupati Trenggalek, Jawa Timur, Emil Dardak dan Istrinya Arumi. (JawaPos.com)

“Namun, sudah selayaknya pencalonan Emil di pilgub jatim tidak mengganggu kinerjanya sebagai bupati Trenggalek. Sebab, Undang-undang menyebutkan kalau masih dalam satu provinsi itu dia bisa mengajukan cuti,” kata Tjahjo saat ditemui di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Selasa (28/11). 

Lebih lanjut, Tjahjo yang merupakan mantan Sekjen PDIP itu enggan mengomentari pencalonan Emil Dardak yang bukan diusung PDI Perjuangan, tapi justru melalui PD. 

Menurutnya, sah-sah saja jika PD hendak mengusung Emil sebagai pendamping Khofifah Indar Parawansa di Pilgub Jawa Timur 2018. 

“Ini bukan salah parpol, yang salah yang bersangkutan. Jangan sampai janji politik sebagai kepala daerah belum selesai atau baru setahun dia sudah punya target yang lain,” ujar mantan Sekjen PDI Perjuangan itu.

Emil Dardak merupakan bupati Trenggalek yang mulai menjabat sejak Februari 2016 lalu. Namun belum setahun menjabat, ia sudah terlena rayuan Partai Demokrat dan Partai Golkar yang telah secara resmi menyatakan dukungannya untuk pasangan Khofifah-Emil pada Pilkada Jatim yang akan datang. Atas hal itu, PDI Perjuangan akhirnya memutuskan untuk memecat suami dari artis Arumi Bachsin tersebut.

Sementara tiga partai politik lain yang dari awal mendukung Khofifah di Pilgub Jatim, yaitu Partai NasDem, Partai Hanura, dan PPP, belum kembali menyatakan dukungannya setelah Khofifah menggandeng Emil. 

Editor : admin

Reporter : (put/ce1/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads
Emil Dardak Membelot dari PDIP, Menteri Tjahjo Bilang Begini