alexametrics

Titi: Penjabat dapat Akselerasi Program Strategis Pemerintahan Jokowi

28 Mei 2022, 02:34:58 WIB

JawaPos.com – Anggota Dewan Pembina Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) Titi Anggraini mengatakan salah satu peran strategis penjabat kepala daerah adalah berperan sebagai akselerator implementasi program strategis Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Penjabat sangat strategis sebagai akselerator implementasi program-program strategis Pemerintahan Joko Widodo di akhir masa jabatan periode kedua,” tutur Titi ketika menyampaikan paparan dalam Webinar Problematika Pengangkatan Penjabat Kepala Daerah yang disiarkan di kanal YouTube Hukum Administrasi Negara FHUI, dipantau dari Jakarta, Jumat.

Peran strategis tersebut disebabkan oleh penjabat yang menjadi pintu masuk bagi legacy atau peninggalan dan prestasi baik Presiden Joko Widodo di akhir masa jabatan. Terlebih, penjabat yang akan mengisi kekosongan untuk sementara merupakan pilihan dari Pemerintah Pusat.

Dengan demikian, penjabat kepala daerah dapat dengan lebih mudah mensinkronkan dan berkoordinasi dengan Pemerintah Pusat terkait program-program strategis yang akan diimplementasikan di daerah-daerah terkait.

Lebih lanjut, Titi juga berpandangan bahwa pemilihan penjabat yang kompeten dan tepat akan mampu memudahkan implementasi dan penuntasan berbagai program strategis dan janji-janji politik yang belum tuntas di akhir masa jabatan.

“Selain itu, penjabat bisa menghindari tekanan politik dan menjaga netralitas aparatur sipil negara yang mungkin terjadi menjelang Pemilu 2024 karena posisinya yang tidak terikat pada kelompok politik tertentu,” ucapnya.

Editor : Dimas Ryandi

Reporter : Antara

Saksikan video menarik berikut ini:

Close Ads