alexametrics

Pakar Sarankan Indonesia Bangun Konsensus di KTT G20

28 Mei 2022, 02:01:19 WIB

JawaPos.com – Langkah pemerintah Indonesia untuk menjaga soliditas diantara negara-negara G20 telah tepat. Apalagi banyak pihak berharap forum internassional ini dapat memberikan solusi bagi persoalan yang tengah di hadapi dunia.

Sebagai pemegang Presidensi 2022, Indonesia harus meningkatkan soliditas negara-negara dalam forum tersebut supaya berkomitmen menciptakan stabilitas keamanan, ekonomi dan politik.

“Presidensi Indonesia sangat terdampak dengan konflik Russia-Ukraina. Namun isu-isu dalam G20 masih relevan untuk dibahas dan dicari solusinya secara bersama,” kata Analis Politik Internasional dan Resolusi Konflik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Adriana Elisabeth saat dihubungi, Kamis (26/5).

Adriana mengatakan, 20 negara dalam group tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jika seluruhnya bekerja sama akan sangat berpengaruh terhadap dunia.

“Setiap negara memiliki kemampuan berbeda yang perlu kerja sama untuk saling melengkapi,” jelasnya.

Meskipun G20 tidak memiliki ikatan secara hukum atau non-legally binding, lanjut dia, tetapi dapat bekerja bersama-sama dengan didasarkan pada komitmen atau konsensus bersama. Untuk itu, Indonesia mesti mendorong lahirnya sebuah konsensus untuk G20 memulihkan atas dampak pandemi covid-19 dan menyudahi konflik Rusia-Ukraina.

Editor : Dimas Ryandi

Saksikan video menarik berikut ini:

Close Ads