alexametrics
Pilpres 2019

LIPI: Ada yang Salah dengan Visi dan Misi Kedua Pasang Capres

28 Maret 2019, 16:32:59 WIB

JawaPos.com – Pelaksanaan debat putaran keempat akan segera digelar. Namun, menurut peneliti senior Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Syamsudin Haris menyatakan, visi-misi kedua kandidat pada pemilihan presiden masih belum jelas.

Haris mengatakan, kedua kandidat masih belum bisa menunjukkan programnya dengan jelas. Terutama dalam menyelesaikan permasalahan politik dan ekonomi Indonesia. Pernyataan tersebut diungkapkannya usai membaca visi-misi kedua pasangan calon tersebut.

“Setalah saya baca visi-misi capres kita, menurut saya memang ada yang salah pada kedua visi-misi calon presiden. Salahnya itu secara umum bisa dikatakan sebagai kerangka besarnya,” kata Haris dalam acara diskusi Pilpres bertajuk Evaluasi Program Capres Bidang Politik dan Ekonomi di Hotel Sultan, Jakarta Pusat, Kamis, (28/3).

Dia menjelaskan, kekurangan yang ada pada kedua kandidat itu tampak dari program pembangunan sistem politik demokrasi dan sistem pemerintahan Indonesia. Kekurangan itu harus bisa segera dicarikan solusinya.

“Kita sedang menghadapi masalah pada sistem pemilu yang mendorong politik uang yang masif atau kolusi politik, struktur parpol kita yang tidak sehat karena sebagian dikelola secara personal atau oligarki,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Haris mengatakan, visi-misi kedua paslon di bidang ekonomi dianggap sudah melingkupi keadaan saat ini. Kendati demikian, ia tetap menyayangkan bahwa dalam visi-misi tersebut belum ditemukan adanya skala prioritas di bidang ekonomi.

“Menurut saya banyak yang ditawari, tapi tidak begitu tampak penguatan fondasi memperkuat ekonomi bangsa. Harusnya ada skala prioritas yang mengarah kepada penguatan fondasi ekonomi yang dibutuhkan masyarakat,” pungkasnya.

Editor : Dimas Ryandi

Reporter : Igman Ibrahim

Copy Editor : Fersita Felicia Facette

LIPI: Ada yang Salah dengan Visi dan Misi Kedua Pasang Capres