alexametrics

PKS Nilai Elite PBB Pecah, PDIP Optimistis Kuasai 3 Provinsi Ini

28 Januari 2019, 14:09:32 WIB

JawaPos.com – Keputusan Partai Bulan Bintang (PBB) mendukung pasangan Joko Widodo (Jokowi) dan Ma’ruf Amin dinilai tidak solid. Menurut Anggota Majelis Syuro Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Jazuli Juwaini, ketidaksolidan itu dapat terlihat dari pecahnya suara antara elite dan simpatisan di pilpres kali ini.

“Pemilih ini kan tidak bisa juga 100 persen sejalan dengan ketum partainya. Kalau dalam survei kan begitu. Saya masih optimistis banyak juga jamaah PBB itu masih tetap memilih Prabowo-Sandi,” kata Jazuli di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin (28/1).

Jazuli pun menilai dukungan Ketua Majelis Syuro PBB MS Ka’ban menjadi salah satu bukti bahwa dukungan partai berbasis massa Islam itu tidak solid. 

“Dari level pimpinan saja sudah terlihat ada perbedaan ijtihad politiknya. Maka wajar kalau di bawahnya akan berimplikasi kepada perbedaan warga PBB,” tutur dia.

Kendati demikian, Jazuli mengungkapkan, pihaknya menghormati keputusan parpol koalisi sejawatnya. Sebab keputusan memilih siapa yang didukung adalah bagian dari hak setiap parpol politik.

“Itu haknya partai politik untuk menjatuhkan pilihanya. Tapi hak juga warga partai politik untuk menjatuhkan pilihan secara personal juga,” pungkasnya.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto mengatakan, dukungan PBB ini memberikan energi positif bagi Jokowi-Ma’ruf Amin.

‎”‎Itu energi positif karena tujuan penggalangan parpol adalah untuk mendapatkan dukungan,” ujar Hasti di Banyuwangi, Senin (28/1).

Hasto menambahkan, partai berlogo bulan bintang ini kuat di Sumatera Barat, Aceh, dan Bengkulu. Sehingga bisa memberikan bantuan suara ke pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin.

“Dukungan dari PBB itu kuat di Sumatera Barat kuat, di Bengkulu, dan Aceh, sehingga ini memberikan dukungan elektoral bagi Pak Jokowi terutama di tiga daerah tersebut,” katanya.

Sekadar informasi, ‎PBB resmi memberi dukungan ke Jokowi dan Ma’ruf Amin di Pilpres 2019 ini. Sekretaris Jenderal PBB Afriansyah Noor mengatakan, keputusan memberikan dukungan ke Jokowi dilakukan setelah menyelenggarakan rapat pleno pada 18 Januari 2019. Rapat itu dihadiri oleh tiga unsur. Ketua umum, ketua majelis syuro, dan ketua mahkamah partai.

Oleh sebab itu, pada rapat koordinasi nasional (Rakornas) yang diselenggarakan PBB pada Minggu, 27 Januari 2019 itu, PBB telah mengumumkan secara resmi dukungannya ke Jokowi dan Ma’ruf Amin untuk Pilpres 2019.

Editor : Fersita Felicia Facette

Reporter : Igman Ibrahim, Gunawan Wibisono

Copy Editor : Fersita Felicia Facette

PKS Nilai Elite PBB Pecah, PDIP Optimistis Kuasai 3 Provinsi Ini